Hari/Tanggal : Kamis/26-03-2020
Cara
memelihara Ketersediaan Air Bersih
3.8
Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
Masalah
kekurangan air bersih banyak disebabkan populasi penduduk yang meningkat
sehingga kebutuhan air semakin bertambah. Belum lagi perubahan iklim ektrem dan
pemanasan global serta gaya hidup yang tidak ramah lingkungan
Oleh karena
itu sangat diperlukan pelestarian air bersih agar tidak terjadi krisi air
bersih.
Beberapa upaya memelihara
ketersediaan air bersih dapat dilakukan dengan cara berikut:
1. Menjaga kebersihan lingkungan sehingga air di
lingkungan sekitar kita tidak tercemar oleh limbah yang dapat menurunkan
kualitas air bersih.
2. Menggunakan air seperlunya pada saat mandi dan
menggosok gigi.
3.Saat mencuci piring dan gelas, isi penuh panci
untuk membilas dengan air. Membilas sisa sabun atau detergen di dalam panci
lebih hemat air dibandingkan menggunakan air yang mengalir dari kran
4.Periksa saluran pipa air apakah ada yang bocor.
Jika ada maka segera diperbaiki, jangn biarkan terlalu lama karena setiap tetesan
air akan terbuang percuma.
5.Tampung semetara air sisa cucian saat mencuci
sayuran. Air buangan ini dapat dipakai untuk kebutuhan yang lain seperti untuk
menyiram tanaman
6. Membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak
mencemari lingkungan sekitar dan sumber-sumber air bersih yang ada.
7. Mencegah adanya penebangan pohon secara liardan
mengadakan reboisasi pada hutan yang gundul. Sehingga hujan yang turun dapat
meresap ke dalam tanah sehingga ketersediaan air tetap terjaga
Langkah-Langkah membuat gambar
cerita
3. 1 Memahami gambar cerita
1. Persiapan
alat dan Bahan
Menyiapkan
bahan dan alat untuk menggambar.
Beberapa alat dan bahan menggambar dengan teknik kering, antara lain pensil
berukuran 2B sampai 6B, pulpen atau spidol, krayon atau bahn lain yang tidak
memerlukan air atau minyak. Beberapa bahan dan alat menggambar dengan teknik
basah antara lain cat air, tinta atau media lain yang memerlukan air sebagai
pngencer, berbagai jenis kuas, dan palet cair air.
2. Menentukan
tema
Menentukan tema
cerita yang akan di buat.pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan
dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau
pengalaman diri sendiri dan orang lain. Tema berkaitan erat dengan objek gambar.
Objek gambar bisa berupa benda mati maupun benda hidup.
3. Pembuatan
sketsa
Setelah menentukan
tema, langkah selanjutnya adalah membuat sketsa. Sketsa hendaknya dibuat lebih
dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.langkah membuat sketsa sangat
berpengaruh bagi tahap-tahap menggambar selanjutnya.
4. Penyelesaian
gambar
Dari beberapa
gambar sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang terbaik kemudian
disempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menmbah garis
atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup, kemudian dapat dilakukan pewarnaan pada gambar.
Latihan tematik:
Berdasarkan langkah-langkah menggambar cerita diatas, buatlah gambar cerita yang bertemakan cara mencuci tangan yang benar!
Matematika
Materi ajar mengenai Pengolahan data bisa di lihat pada materi blogger bu guru sebelumnya yaa..
Contoh soal diagram batang
Contoh soal 1
Penyajian data dalam bentuk diagram batang
Dayu
mencatat profesi semua orang tua di kelas V SD Melati 01. Setelah menanya satu
per satu diperoleh data profesi orang tua siswa kelas V SD Melati 01 adalah
sebagai berikut
Pegawai
negeri sipil (PNS) sebanyak 8 orang
TNI sebanyak
5 Orang
Petani
sebanyak 12 orang
Guru
sebanyak 3 orang
Wiraswasta
sebanyak 2 orang
Diagram
batang dari data di atas adalah sebagai berikut:
Contoh soal 2
Perhatikan
tabel suhu di suatu daerah berikut ini
Kota
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
Suhu Minimum (oC)
|
15
|
20
|
15
|
20
|
20
|
Suhu Maksimum (oC)
|
30
|
35
|
30
|
35
|
35
|
Buatlah data
di atas dalam bentuk tabel
Jawaban
Dari data di
atas diperoleh informasi bahwa
Contoh soal 3
Tabel tersebut menyajikan jumlah siswa di SDN Bahagia. Diagram batang yang benar dalam menyajikan data tersebut adalah ….
Latihan soal Matematika
Perhatikan tabel berikut ini !
Berikut ini adalah tabel nilai ulangan siswa kelas
V
Nilai |
40 |
50 |
60 |
70 |
80 |
90 |
100 |
Jumlah siswa |
2 |
6 |
9 |
8 |
5 |
4 |
2 |
a. Buatlah data di atas dalam bentuk dagram batang!
b. Berapa banyak siswa yang mengkuti ulangan
matematika?
c. Berapa banyak siswa yang mendapatkan nilai
tertinggi?
d. Berapa selisih nilai tertinggi dengan nilai
terendah?
e. Berapakah nilai yang paling sering muncul?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar