Hari/tanggal : Selasa, 24 Maret 2020
Literasi
Muatan IPS
3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya
menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk
memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia serta hubungannya dengn
karakteristik ruang
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia
harus bekerja. Jenis pekerjaan beraneka ragam ada pekerjaan yang menghasilkan
barang atau benda, dan ada pekerjaan yang menghasilkan jasa
Sebagian besar masyarakat indonesia
memiliki usaha yang bergerak dibidang pertanian. Profesi petani memiliki peran
yang sangat penting bagi masyarakat. Petani berperan dalam menyediakan beberapa
bahan pangan bagi masyarakat seperti beras, sayur-sayuran, buah, kentang, dan
kedelai
Nelayan adalah orang yang mata
pencahariannya menangkap ikan. Profesi nelayan berperan dalam menyediakan bahan
pangan berupa ikan laut. Ikan dikonsumsi masyarakat sebagai sumber makanan yang
mengandung protein tinggi.
Banyak orang yang disekitar kita
beraktivitas sebagai pedagang. Profesi pedagang menyediakan barang kebutuhan
sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat seperti sabun, pasta gigi, alat sekolah,
bahan pangan, dan peralatan rumah tangga.
Guru adalah orang yang pekerjaannya
mengajar siswa. Tugas utama guru disekolah adalah menyampaikan ilmu pengetahuandan
mendidik siswa. Dengan adanya guru masyarakat menjadi cerdas dan bangsa menjadi
maju.
Peternak adalah orang yang memeilihara
hewan ternak. Hewan ternak yang sering dipelihara antara lain ayam, itik,
burung puyuh, kambing, sapi, kuda, kerbau, dan lebah madu.peternak berperan
dalam menyediakan telur, susu, daging, dan madu.
Sikap menghargai usaha atau pekerjaan orang lain
3.3 menjelaskan sikap menghargai usaha atau pekerjaan orang lain
Petani kapas tidak dapat melakukan produksi
kembali jika tidak mendapatkan uang dari kapas yang dihasilka kebunnya. Oleh sebab
itu petani kapas memerlukan perajin pakaian ataupun industri kecil yang membeli
kapas produksinya. Selanjutnya perajin pakaian ataupun industri tekstil pun
tidak akan berkembang jika tidak ada yang membeli dan menggunakan pakaian hasil
olahannya. Untuk menjaga hubungan tersebut maka harus membina hubungan baik
satu dengan yang lainnya.
Berikut ini
adalah cara menghargai usaha atau pekerjaan orang lain
1. Membayar ongkos angkutan umum sesui aturan
2. Membayar upah pegawi tepat waktu
3. Memberikan penghargaan atas pekerjaan atau
usaha orang lain dengan mengucapkan pujian atau terima kasih
4. Melakukan persaingan secara sehat dengan
memeberikan kesempatan dan kepercayaan kepada orang lain.
Latihan
tematik
1. Pasangkanlah manfaat yang diperoleh dengan
jenis usaha atau kegiatan ekonominya pada kotak di bawah ini
a. Anak-anak dapat meminum susu segar setiap
hari ( )
b. Pengguna jalan dapat menggunakan jalan
bersih dari sampah ( )
c. Setiap orang dapat menggunakan alas kaki
yang nyaman sesuai ukuran kakinya ( )
d. Penumpang dapat sampai ke tempat tujuannya
dengan nyaman. ( )
e. Masyarakat dapat memanfaatkan kayu hasil
hutan sebagai perabotan rumah tangga.( )A. Petugas Kebersihan B Pemerah susu sapi
C. Pengrajin Kayu D. Pabrik Sepatu E. Supir Kendaraan umum
2. Menjodohkan
a. Berbagai jenis usaha atau kegiatan ekonomi dilakukan manusia untuk ....
b. terhadap pekerjaan orang lain, kita harus selalu ....
c. Orang yang tidak menghargai jasa orang lain akan ....
d. persaingan ekonomi yang tidak sehat dapat terjadi akibat tidak adanya rasa saling ....
e. jika sesama manusia saling menghormati, maka tidak akan ada ...
A. perdamaian B. mengunggulkan hasil karyanya sendiri
C dijauhi oleh orang lain D. memenuhi kebutuhan hidup E. menghargai
Soal MTK
Data untuk soal nomer 1 dan 2
Berikut ini adalah data nilai siswa kelas 6 SD Sukamaju saat ulangan matematika.
7 8 8 9 9 9 9 6 7 8 9 10 8
8 7 6 6 7 9 9 6 7 9 8 10 9
1. Jumlah siswa yang mengikuti ulangan matematika adalah ….
a. 40 siswa
b. 26 siswa
c. 25 siswa
d. 25 siswa
2. Siswa dengan nilai tertinggi berjumlah ….
a. 5 orang
b. 4 orang
c. 3 orang
d. 2 orang
Perhatikan diagram garis di bawah ini untuk mengisi soal nomer 3 dan 4
Berikut ini adalah diagram yang menunjukkan produksi padi dari desa Suka makmur dari tahun ke tahun.
3. Jumlah produksi padi tertinggi terjadi pada tahun ….
a. 2008
b. 209
c. 2011
d. 2013
4. Pada tahun 2012 desa makmur mampu menghasilkan padi sebesar ….
a. 600 ton
b. 700 ton
c. 800 ton
d. 650 ton
MATEMATIKA
Anak-anak yang ibu sayangi ayo kita simak video pembelajaran MTK di bawah ini ya :
Soal MTK
Data untuk soal nomer 1 dan 2
Berikut ini adalah data nilai siswa kelas 6 SD Sukamaju saat ulangan matematika.
7 8 8 9 9 9 9 6 7 8 9 10 8
8 7 6 6 7 9 9 6 7 9 8 10 9
1. Jumlah siswa yang mengikuti ulangan matematika adalah ….
a. 40 siswa
b. 26 siswa
c. 25 siswa
d. 25 siswa
2. Siswa dengan nilai tertinggi berjumlah ….
a. 5 orang
b. 4 orang
c. 3 orang
d. 2 orang
Perhatikan diagram garis di bawah ini untuk mengisi soal nomer 3 dan 4
Berikut ini adalah diagram yang menunjukkan produksi padi dari desa Suka makmur dari tahun ke tahun.
3. Jumlah produksi padi tertinggi terjadi pada tahun ….
a. 2008
b. 209
c. 2011
d. 2013
4. Pada tahun 2012 desa makmur mampu menghasilkan padi sebesar ….
a. 600 ton
b. 700 ton
c. 800 ton
d. 650 ton
Tidak ada komentar:
Posting Komentar