Hari/Tanggal :
Kamis, 19 Maret 2020
Literasi
Muatan IPA
3.8
Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan
makhluk hidup
Usaha
Pelestarian Lingkungan Dengan Reboisasi
Salah satu
penyebab kekeringan adalah berkurangnya jumlah pohon. Jika pohon berkurang,
kemampuan tanah untuk menyerap air juga menjadi berkurang sebab, akar pohon
berfungsi untuk menyerap air sehingga tanah dapat menyimpan cadangan air.
Oleh karena
itu kita harus melestarikan lingkungan agar tidak terjadi kekeringan. Caranya,
kita dapat melakukan reboisasi atau penanaman pohon.
Tujuan
reboisasi adalah menghijaukan kembali lingkungan sekitar kita. Reboisasi dapat
dilakukan di rumah, disekolah, dan daerah perbukitan yang tandus.
Selain
mencegah kekeringan, pohon juga memilki manfaat lain yaitu sebagai berikut:
1. Membuat lingkungan menjadi lebih asri dan sejuk
2. Menahan erosi dan banjir terutama di daerah
perbukitan
3.Menyerap air hujan sehingga menjaga persediaan
air tanah
Syarat-syarat
air yang layak digunakan
Sebanyak 70%
permukaan bumi ditutupi oleh air. Air banyak tersedia di laut, disungai. Danau,
dan dalam tanah. Sebanyak 97% air yang menutupi permukaan bumi berupa air laut.
Meskipun sangat banyak, air laut tidak layak untuk diminum atau digunakan untuk
keperluan rumah tangga, sebab air laut memiliki rasa yang asin.
Persyaratan
air bersih meliputi tiga komponen yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia,
dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.
Persyaratan
secara fisik dari air bersih, yaitu tidak keruh, tidak berwarna, tidak berasa,
tidak berbau, suhu diantara 10o C- 25o C (sejuk), dan
tidak meninggalkan endapan
Persyaratan
kimiawi air bersih, yaitu tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun,
tidak mengandung zat-zat kimia yang berlebihan, cukup yodium, dan pH (derajat
keasaman) air antara 6,5 - 9,2.
Syarat
mikrobiologi air bersih adalah tidak mengandung kuman-kuman penyakit, seperti
disentri, tipus, dan kolera.
Masyarakat
memerlukan air bersih dalam jumlah yang sangat besar. Air bersih yang akan
digunakan umumnya diambil dari sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber
air bersih untuk keperluan sehari-hari.
Mari
mengingat
Muatan
Bahasa Indonesia
3.8
Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang
terdapat pada teks nonfiksi
Cara untuk
mengetahui peristiwa yang terdapat pada teks nonfiksi dengan langkah-langkah
berikut:
1.Membaca teks nonfiksi dengan seksama
2.Menemukan kalimat utama atau gagasan pokok
setiap paragraf
3Menandai kata atau kalimat yang penting sebagai
kata kunci
Menentukan
peristiwa yang terdapat dalam teks
Latihan tematik (Home Learning H3)
1. Apasaja manfaat pohon dalam kehidupan?
2. Tuliskan
5 contoh kegiatan rumah tangga yang membutuhkan air bersih!
3. Mengapa air laut
tidak baik untuk dikonsumsi?
4. Tuliskan
3 persyaratan air dapat dikatakan sebagai air bersih!
5. Tuliskan 3 manfaat air bagi tumbuhan!
MATEMATIKA
PENGUMPULAN dan PENYAJIAN DATA
A.
Pengumpulan Data
Data
adalah informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, wawancara, penelitian
yang dikumpulkan dalam bentuk angka atau lambang.Misalnya dengan memperhatikan
teman-temanmu, ada yang tinggi, pendek, kurus dan ada yang gemuk. Cobalah
mengenal mereka dengan ciri-ciri yang mereka miliki. Ciri-ciri mereka dapat
kita tulis dan kita kumpulkan. Dengan menulis dan mengumpulkan ciri-ciri mereka
berarti kita telah mengumpulkan data. Jadi data yang bisa dikumpulkan dapat
berupa tinggi badan, berat badan, ukuran sepatu, jumlah murid laki-laki dan
perempuan, lingkar pinggang, lingkar kepala, dan lain-lain.
Contoh
Rudi, Eka, dan Indra sedang menanyakan olahraga yang digemari siswa kelas VI SD Cemerlang.
Rudi, Eka, dan Indra sedang menanyakan olahraga yang digemari siswa kelas VI SD Cemerlang.
Hasil
yang diperoleh dicatat dalam tabel seperti berikut.
No
|
Jenis Olahraga
|
Banyak Siswa
|
1
|
Tenis meja
|
2
|
2
|
Bulu tangkis
|
3
|
3
|
Renang
|
7
|
4
|
Kasti
|
8
|
5
|
Sepak bola
|
6
|
6
|
Voli
|
4
|
Latihan Soal Matematika
1. Berikut beberapa nilai ulangan matematika Nisya
70,70,80,90,70,80,90
a.
Berapa kali Nisya mendapatkan nilai 80?
b.
Berapakah nilai tertinggi yang diperoleh Nisya?
131
|
133
|
140
|
135
|
134
|
140
|
132
|
135
|
147
|
134
|
133
|
135
|
138
|
136
|
132
|
140
|
144
|
142
|
150
|
143
|
139
|
141
|
143
|
140
|
137
|
139
|
141
|
148
|
146
|
135
|
a.
Berapakah jumlah siswa kelas V?
b.
Berapa cm tinggi siswa yang paling rendah?
c.
Berapakah selisih jumlah siswa yang memiliki
tinggi 135 cm dengan siswa yang memiliki tinggi 133 cm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar