Hari/tanggal : Rabu/ 29-01-2020
Tema 7 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 1
Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya
rempahrempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di
Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.
1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?
Jawab:
Hal ini dikarenakan harga jual rempah-rempah di Eropa pada waktu itu sangat mahal/tinggi
2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?
Jawab:
Harga dari rempah-rempah nilainya sangat menjulang tinggi, semahal emas
(sama dengan harga emas). Masyarakat Eropa sangat membutuhkan
rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak
3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
Jawab:
Hal ini dikarenakan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan
rempah-rempah sejak jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada
tahun 1453. Sedangkan terjadi permusuhan antara bangsa Turki dengan
bangsa Eropa, sehingga pasokan rempah-rempah jadi tersendat. Oleh karena
itu, mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah
dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudra dan melakukan
penjajahan terhadap negara-negara yang kaya rempah-rempah.
Ayo Membaca
Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan
samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan
di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali
mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang
mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh
bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di
Pelabuhan Banten pada tahun 1596.
Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!
1. Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat?
Jawab:
Yang dimaksud bangsa Barat adalah bangsa-bangsa Eropa
2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa-bangsa Eropa melakukan penjajahan di Indonesia?
Jawab:
Ingin menguasai daerah penghasil rempah-rempah
3. Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra?
Jawab:
Tahun 1511
4. Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?
Jawab:
Tidore dan Maluku
5. Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra?
Jawab:
• Mencari kekayaan (Gold)
• Menyebarkan agama (Gospel)
• Mencari kejayaan (Glory)
• Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)
6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?
Jawab:
Menderita
Ayo Berdiskusi
Diskusikan teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat dengan teman
sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di
bawah ini.
Judul teks :
Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Bagian yang paling menarik :
• Harga rempah-rempah sangat mahal, semahal emas
• Bangsa Eropa yang datang pertama kali adalah Portugis/Portugal
• Faktor-faktor penjelajahan dan penjajahan adalah 3G (Gold, Gospel, Glory) dan Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)
Informasi penting :
Faktor penjelajahan dan penjajahan bangsa Barat :
• Mencari kekayaan (Gold)
• Menyebarkan agama (Gospel)
• Mencari kejayaan (Glory)
• Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)
Pendapat saya tentang teks ini :
Bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang sejarah bangsa Indonesia
Saya menyarankan/tidak menyaranka teks ini karena :
Saya menyarankan teks ini karena berisi pengetahuan yang bermanfaat tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia
Ayo Mencoba
Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap
bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh dari buku, surat
kabar, majalah, atau artikel di internet!
PORTUGIS
Tahun Kedatangan :
1511
Tempat/Daerah :
Pantai utara Sumatra dan daerah Malaka
Tujuan :
Mencari daerah penghasil rempah-rempah dan menguasai pelabuhan Malaka sebagai pusat perdagangan.
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis, membangun benteng di Ternate
Reaksi Masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik kedatangan Portugis dan mendukung Sultan
Ternate, tetapi akhirnya terjadi perlawanan terhadap Portugis yang
bertindak sewenang-wenang
SPANYOL
Tahun Kedatangan :
1521
Tempat/Daerah :
Pantai Tidore, Maluku
Tujuan :
Menyebarkan agama dengan strategi misionaris
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Meletakkan dasar-dasar agama di Ambon, Ternate dan Morotai
Reaksi masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat
BELANDA
Tahun Kedatangan :
1596
Tempat/Daerah :
Pelabuhan Banten
Tujuan :
Mencari daerah penghasil rempah-rempah
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Pembentukan VOC, pembentukan pemerintahan kolonial Belanda
Reaksi Masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat
Ayo Menulis
Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory).
Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!
Jawab:
Gold : Adanya keinginan untuk mencari kekayaan
Gospel : Adanya keinginan untuk menyebarkan agama
Glory : Adanya keinginan untuk mencari kejayaan
Tuliskan pendapatmu mengenai semboyan 3G tersebut
Jawab:
Tidak setuju dengan semboyan 3G
Sangat tidak setuju, dikarenakan akibat semboyan 3G tersebut rakyat Indonesia menjadi menderita, diantaranya :
- Kekayaan yang ada di Indonesia dikuras habis-habisan oleh bangsa Eropa tanpa peduli atas akibat yang ditimbulkan terhadap kehidupan rakyat Indonesia
- Dengan adanya pemaksaan terhadap agama tertentu kepada rakyat Indonesia
- Rakyat Indonesia menjadi sangat tertindas, menjadi budak di negeri sendiri, kekuasaan bangsa Eropa di Indonesia menjadi tidak terbatas/tidak terkendali dan merusak hak asasi rakyat pribumi
Ayo Berlatih
Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia!
Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan MENOLAK kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.
Penjajah MENYENGSARAKAN kehidupan rakyat Indonesia
Sikap para penjajah awalnya BAIK. Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu MENINDAS DAN KEJAM
Ayo Membaca
Sifat-Sifat Benda
Benda-benda yang ada di sekitar kita digolongkan menjadi tiga, yaitu
benda padat, cair, dan gas. Ketiganya memiliki sifat yang berbeda.
Mengapa kamu perlu mengetahui sifat-sifat benda? Salah satu manfaat
mengetahui sifatsifat benda ialah kita akan tahu cara memperlakukan
benda-benda yang ada di sekitar kita.
Salah satu wujud benda adalah padat. Kamu pasti memiliki banyak benda di
sekitarmu yang berwujud padat. Kamu dapat memegangnya, dapat
memindahkannya tanpa mengubah bentuk aslinya. Benda padat yang ada di
sekitarmu dapat diubah dengan beberapa perlakukan seperti diberi panas,
diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan fisik seperti menggunting,
menekan, melipat, atau menyobek.
Wujud berikutnya adalah cair. Benda-benda cair dapat ditemui dengan
mudah di sekitarmu. Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk
hidup yang berwujud cair. Benda cair yang ada di rumahmu biasanya berada
dalam sebuah wadah seperi bak kamar mandi, baskom, gelas, atau ketel
air. Perhatikanlah bahwa ketika benda cair itu dipindahkan, ia akan
berubah mengikuti wadahnya. Jika wadahnya berlubang, benda cair itu akan
segera mengalir ke luar dari wadahnya. Jika kamu melihat sungai atau
air terjun, air yang ada di dalam badan sungai akan mengalir dari tepat
yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair juga dapat
merambat melalui serat-serat halus dari bahan seperti bahan kain. Benda
cair mengisi rongga kecil atau pori-pori bahan tersebut.
Wujud benda yang lain adalah gas. Manusia dapat memasukkan dan
mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya pada saat bernapas. Manusia
menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Dengan cara
meniup, kamu dapat membuat sebuah balon mengembang. Dengan meniup, kamu
juga dapat menggerakkan selembar kertas di tanganmu. Kamu dapat mencium
bau napasmu sendiri. Kamu pun dapat mencium bau-bau lainnya yang berupa
gas. Dengan memahami sifat gas, manusia menciptakan parfum atau minyak
wangi untuk menyebarkan bau dari gas yang dikeluarkan dari wadah parfum
tersebut. Namun, apakah kamu dapat melihat wujud gas dengan mata
telanjang? Dapatkah kamu mengubah bentuknya?
Diskusikan:
1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?
Jawab:
Ya, berubah ujung pensilnya setelah diraut
2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?
Jawab:
Ya, berubah bentuk setelah digosokkan
3. Apakah kesimpulanmu?
Jawab:
Suatu benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu, seperti diberi
panas, diberi tekanan yang tinggi, atau diberi perlakuan secara fisik
(menggunting, menekan, melipat/menyobek)
Percobaan
Alat dan Bahan
- gelas yang diisi air 3/4 tinggi gelas
- wadah lain yang transparan
- nampan atau papan kayu
Langkah Kegiatan
- Letakkan gelas yang berisi air pada permukaan yang rata. Amati dan gambarlah.
- Letakkan gelas tersebut di atas nampan atau papan kayu. Perlahan, miringkan nampan atau papan kayu tersebut dan jagalah jangan sampai isi gelas tumpah. Perhatikan dengan saksama, lalu gambarlah. Bandingkan dengan gambar sebelumnya.
- Pindahkan air di dalam gelas ke dalam wadah yang lain. Perhatikan apa yang terjadi. Gambarlah.
- Tuangkan air tersebut ke atas tanah. Perhatikan apa yang terjadi. Catatlah.
Diskusikan:
1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum maupun sesudah dimiringkan?
Jawab:
Tetap mendatar bentuk permukaan airnya, baik sebelum maupun sesudah dimiringkan
2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
Jawab:
Maka bentuk dari air mengikuti wadahnya
3. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
Jawab:
Sifat air adalah mengalir ke tempat yang lebih rendah
4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? kemanakah air itu mengalir?
Jawab:
Air akan meresap ke dalam tanah, mengalir ke tempat yang lebih rendah,
sehingga air di permukaan tanah tersebut lama-lama akan habis
5. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
Jawab:
Cara air mengalir adalah Air mengalir ke tempat yang lebih rendah
6. Apa yang terjadi ketika air dituangkan ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
Jawab:
Lama-lama air akan habis. Hal ini dikarenakan air ternyata masuk ke
dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori dalam tanah (meresap)
7. Apakah kesimpulanmu?
Jawab:
Bahwa sifat dari benda cair adalah bentuknya tidak tetap, selalu
mengikuti bentuk wadahnya, bentuk dari permukaan air adalah datar, benda
cair bersifat mengalir ke tempat lebih rendah, menekan ke segala arah
serta meresap melalui pori-pori/celah-celah
Percobaan
Alat dan Bahan
- gelas plastik
- ember
- air
- buku catatan
Langkah Kegiatan
- 1. Isilah ember air sampai 3/4-nya.
- 2. Masukkan gelas ke dalam ember dengan posisi menelungkup. Perhatikan apa yang terjadi.
- 3. Miringkanlah gelas perlahan-lahan di dalam ember. Amati apa yang keluar dari gelas tersebut.
Diskusikan
1. Apakah yang terjadi pada saat kamu membenamkan gelas tersebut? Mengapa
Jawab:
Gelas akan terangkat kembali, karena mendapat tekanan/dorongan udara yang terperangkap dalam gelas tersebut
2. Apa yang terjadi pada saat gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?
Jawab:
Akan keluar gelembung udara, karena dalam gelas berisi udara yang terperangkap
3. Apakah Kesimpulanmu dari percobaan ini?
Jawab:
Bahwa sifat benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, benda gas menekan ke segala arah
4. Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan menggunakan poster.
Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut.
Lengkapi dengan gambar dan keterangan yang diperlukan untuk
menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah kegiatan
galeri berjalan dengan percaya diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar