Hari/tanggal : Jum'at/10-01-2020
KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Meringkas teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
|
3.3.1 Meringkas penjelasan secara
tepat.
|
4.3
Menyajikan ringkasan teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
|
4.3.1 menyajikan
ringkasan teks penjelasan secara tepat.
|
IPA
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.6
Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1 menerapkan konsep
perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertanggung jawab.
|
4.6
Melaporkan hasil pengamatan tentang
perpindahan kalor.
|
4.6.1 Melaporkan
hasil
perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertanggung jawab.
|
SBdP
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Memahami tangga nada.
|
3.2.1 memahami tangga
nada secara umum.
|
4.2
Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai
tangga nada dengan iringan musik.
|
4.2.1 Menyanyikan
lagu secara
umum.
|
Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 5
Hari masih sangat pagi. Siti terbangun karena mendengar suara azan subuh
dari musala. Siti segera menunaikan kewajibannya untuk sholat. Siti
mengira ia orang pertama yang terbangun pada pagi hari itu. Ternyata ia
melihat Ibu sudah berada di dapur.
Setelah melakukan sholat subuh, Siti menghampiri ibunya yang sedang
menyalakan kompor. Siti melihat Ibu sedang memasak air pada dua panic
yang berbeda. Panci pertama yang berukuran lebih besar berisi air
setengah penuh. Air di panci pertama akan digunakan Ibu untuk merebus
sayur. Panci kedua berukuran lebih kecil berisi air yang hampir penuh.
Panci kedua akan digunakan Ibu untuk membuat teh. Siti menduga-duga, air
dalam panic manakah yang akan mendidih lebih cepat. Diam-diam Siti
melakukan pengamatan sambil membantu ibunya menyiapkan sarapan.
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar berikut ini!
1. Bagaimana ukuran kedua panci tersebut?
Ukuran kedua panci berbeda, panci A lebih besar dari panci B
2. Manakah panci yang berisi air lebih banyak? A atau B?
Panci A yang digunakan umtuk berisi air lebih banyak
3. Jika kedua panci berisi air itu dididihkan, panci manakah yang akan
memerlukan waktu lebih lama untuk mendidihkan air di dalamnya?
Panci A membutuhkan waktu yang lebih lama dari panci B.
4. Mengapa?
Jumlah air dalam panci A lebih banyak daripada air yang ada di panci B.
5. Bagaimana hubungan antara energi panas yang dibutuhkan untuk
mendidihkan air di dalam panci dengan suhu air di dalamnya? (Air
mendidih pada suhu 100°C).
Semakin banyak jumlah air, semakin banyak energi panas yang dibutuhkan untuk mendidihkannya.
6. Apakah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan di atas?
Kesimpulanku:
Kegiatan yang berbeda memerlukan energi panas yang berbeda juga.
Berdasarkan kegiatan di atas, identifikasi kegiatan sehari-hari yang menunjukkan penggunaan energi panas.
1. Menyetrika baju menggunakan setrika listrik
2. Penjemuran pakaian, pengeringan pakaian/ikan asin/bahan makanan, proses pembuatan garam
3. Memasak air di atas kompor.
4. Mengeringkan rambut menggunakan hairdryer.
Manakah dari kegiatan berikut yang membutuhkan energi panas (kalor)
lebih banyak? Berilah tanda centang (√) pada kotak yang telah
disediakan!
Kegiatan 1
|
Kegiatan 2
| ||
---|---|---|---|
Mengeringkan pakaian yang sangat basah. | √ | Mengeringkan pakaian yang setengah basah. | - |
Mengeringkan sapu tangan basah dari kain yang tipis. | - | Mengeringkan handuk mandi basah yang tebal. | √ |
Mengeringkan rambut panjang sehabis keramas. | √ | Mengeringkan rambut pendek setelah keramas. | - |
Perubahan Akibat Perubahan Suhu
Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda,
semakin panas benda tersebut. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh
suatu benda. Energi panas dapat mengubah benda. Beberapa benda akan
mengalami pemuaian. Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang
dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya
karena terkena kalor atau panas. Tetapi sebaliknya, benda dapat
mengalami penyusutan. Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang
menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu
dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air.
Berikut ini adalah beberapa contoh pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari.
1. Pemasangan Kaca Jendela
Pernahkah kamu mengamati posisi kaca yang terpasang pada jendela? Atau
mungkin kamu pernah melihat proses pemasangan kaca jendela yang
dilakukan oleh tukang kayu. Para tukang kayu selalu merancang ukuran
bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. Mengapa
harus demikian? Hal ini dilakukan oleh tukang kayu dengan tujuan untuk
memberikan ruang pemuaian bagi kaca saat terkena panas. Jika bingkai
jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena panas akan
mengakibatkan kaca menjadi retak atau bahkan pecah. Selain itu, untuk
menghindari keretakan kaca saat ada bunyi yang menggelegar seperti
ketika ada petir, atau bunyi keras lainnya.
2. Ban Sepeda/Motor dan Mobil
Tahukah kamu apa yang terjadi ketika kamu memompa udara terlalu banyak
ke dalam ban sepedamu? Jika ban sepeda, ban sepeda motor, dan ban mobil,
diisi udara terlalu banyak, maka ban akan mengeras dan menjadi tidak
nyaman dikendarai. Selain itu, mengisi udara terlalu penuh ke dalam ban
sepeda atau mobil akan membahayakan
pengemudinya. Ban yang diisi terlalu banyak udara dapat meletus dan
dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan karena udara di dalam
ban dapat memuai karena panas.
3. Kawat/kabel Listrik dan Telepon
Apakah kamu memperhatikan bahwa kawat atau kabel telepon dan listrik
terlihat mengendur dan tidak tegang? Hal ini dilakukan dengan tujuan
agar kawat atau kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalami
penyusutan. Selain itu, agar kawat atau kabel tidak putus jika tertimpa
pohon yang tumbang.
4. Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca
Pernahkah kamu melihat sebuah gelas kaca yang tiba-tiba pecah atau retak
ketika dituangi air panas? Hal ini terjadi karena adanya pemuaian yang
tidak merata pada bagian gelas. Oleh karena itu, disarankan agar tidak
menuangi gelas basah atau gelas dingin dengan air panas yang baru
mendidih.
5. Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta Api
Sambungan pada rel kereta api, dibuat ada celah antara dua batang rel.
Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena
panas, rel tersebut tidak melengkung. Rel yang melengkung akan
membahayakan gerbong kereta yang melewatinya.
6. Penggunaan Termometer
Tahukah kamu cara menggunakan termometer klinis atau termometer badan?
Termometer akan ditempelkan ke beberapa bagian tubuh seperti dalam mulut
atau ketiak. Tujuannya adalah untuk mengukur suhu panas tubuh. Setelah
beberapa lama, cairan di dalam termometer akan karena terjadi pemuaian
setelah mendapatkan panasdari tubuh. Cairan akan berhenti pada angka
tertentu untuk menunjukkan suhu tubuh. Ketika thermometer tidak
digunakan, akan kembali turun karena mengalami penyusutan.
Ayo Menulis
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Jelaskanlah apa yang kamu
ketahui dari setiap paragraf dalam bacaan di atas. Apa yang kamu
ketahui tentang isi sebuah paragraf merupakan gagasan utama pada
paragraf tersebut. Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu.
Apakah yang kamu ketahui tentang paragraf-paragraf pada bacaan?
Paragraf
|
Berisi Tentang
|
---|---|
Satu | Benda akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan |
Dua | Contoh pemuaian dan penyusutan benda akibat suhu |
Tiga | Bingkai jendela dibuat lebih lebar dari ukuran sebenarnya untuk ruang muai |
Empat | Udara di dalam ban dapat memuai karena panas |
Lima | Kawat atau kabel dipasang kendur agar tidak putus saat memuai |
Enam | Pemuaian terjadi ketika gelas dituangi air panas |
Tujuh | Pembuatan celah antara dua batang rel untuk ruang muai |
Delapan | Cairan dalam termometer akan memuai saat mendapat panas dari tubuh |
Dengan menggunakan tabel di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulan
dari bacaan di atas? Tuliskanlah kesimpulanmu tentang bacaan di atas di
tempat yang tersedia di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang
tepat.
Bacaan di atas menjelaskan bahwa:
Benda akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan. Contoh pemuaian dan penyusutan benda akibat suhu antara lain:
1. Bingkai jendela dibuat sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya untuk ruang muai
2. Udara di dalam ban dapat memuai karena panas
3. Kawat atau kabel diasang kendur agar tidak putus saat memuai
4. Pemuaian terjadi ketika gelas dituangi air panas
5. Pembuatan celah antara dua batang rel untuk ruang muai
6. Cairan dalam termometer akan memuai saat mendapat panas dari tubuh
Ayo Bernyanyi
Sebelumnya, kamu telah mengetahui bahwa beberapa lagu daerah dimainkan
dalam tangga nada pentatonis yaitu slendro dan pelog. Gamelan adalah
salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada
tangga nada pentatonis. Beberapa alat pada gamelan terbuat dari bilah
besi. Seperti beberapa alat musik pada gamelan Jawa berikut ini.
Alat musik gamelan dibuat dari campuran tembaga dan timah dengan ukuran
tertentu. Ukuran dan perbandingan antara kedua logam tersebut dapat
menghasilkan suara yang berbeda. Campuran logam itu harus dipanaskan
dengan suhu tinggi agar mencair dan mudah dibentuk. Proses ini disebut
dengan peleburan. Paduan suara yang dihasilkan oleh alat-alat musik
tersebut terdengar harmonis untuk mengiringi lagu-lagu yang dimainkan
pada laras slendro atau pelog.
Perhatikanlah lagu daerah di bawah ini dengan saksama. Mintalah Guru
untuk memperdengarkan lagu ini di kelas. Lalu tentukanlah tangga nada
yang digunakan!
Kunci Jawaban Tematik Halaman 57
Lengkapilah tabel berikut untuk mengetahui lebih banyak tentang lagu daerah di halaman 56.
Judul Lagu : Cing Cangeling
| |
---|---|
Asal | Jawa Barat |
Tangga Nada | Slendro |
Arti syair lagu | Kleung dengdek buah kopi raranggeuyan Bunyi tetabuhan, buah kopi bertangkai-tangkai. Keun anu dewek ulah pati diheureuyan Biarkan! itu milikku jangan sering diganggu Cingcangkeling manuk cingkleng cindeten Ingatlah manusia, hati harus selalu tenang Plos kakolong bapak satar buleneng Agar mendapat dunia yang penuh rahmat Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan Jangan sampai ketinggalan walau masih jauh Layarna bodas jeung celak kasurung ombak-ombak Layarnya putih dan terlihat kecil terdorong ombak |
Kesan | Gembira |
Nyanyikanlah lagu “Cing Cangkeling” dan beberapa lagu yang telah kamu
pelajari sebelumnya. Nyanyikanlah secara berulang-ulang hingga kamu
dapat menyanyikannya sendiri! Carilah arti lagu lagu tersebut untuk
membantumu memahami pesan yang disampaikannya.
Pembelajaran 6
Kembangkanlah paling sedikit lima kata kunci yang telah kamu tuliskan sebelumnya menjadi kalimat lengkap dengan menggunakan kata-kata baku. Perhatikan contoh
Pembelajaran 6
KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Meringkas teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
|
3.3.1 Meringkas teks penjelasan
secara tepat dan mudah dimengerti.
|
4.3
Menyajikan ringkasan teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
|
4.3.1 menyajikan
ringkasan teks penjelasan secara tepat dan mudah dimengerti.
|
PPKn
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.2
Menghargai kewajiban, hak, dan
tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
2.2
Menunjukkan sikap tanggung jawab
dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
3.2
Memahami hak, kewajiban dan tanggung
jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.1 memahami hak,
kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan seharihari secara
benar.
|
4.2
Menjelaskan hak, kewajiban, dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.2.1 Menjelaskan hak, kewajiban
dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan seharihari secara benar.
|
Perhatikanlah kedua gambar di atas dengan saksama! Apakah yang dapat
kamu katakan mengenai kedua gambar di atas? Menurutmu apakah yang
terjadi pada gambar pertama dan kedua? Apakah kamu pernah mengalami
berada pada kedua situasi tersebut? Apakah yang kamu rasakan?
Diskusikanlah hasil pengamatan dan pengalamanmu dengan teman sebangkumu!
Setiap warga yang tinggal dalam sebuah masyarakat tertentu, memiliki
tanggung jawab sebagai anggota masyarakat tersebut. Demikian juga
sebagai warga Negara Republik Indonesia. Apakah yang dimaksud dengan
tanggung jawab? Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama!
Ayo Membaca
Tanggung Jawab Warga Negara
Pernahkah kamu mendengar kata-kata bijak berikut: “Maju mundur suatu
bangsa tergantung tanggung jawab warga negaranya”? Apakah yang dimaksud
dengan tanggung jawab? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung
jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang
dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain. Oleh
karenanya, tanggung jawab warga Negara berhubungan dengan perannya di
dalam masyarakat.
Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya, dilaksanakan
dengan cara melakukan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.
Pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara harus sesuai dengan
Undang-Undang dasar Negara Repulik Indonesia Tahun 1945. Apa saja
tanggung jawab warga negara Indonesia? Warga Negara Indonesia, antara
lain mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai
dalam sila-sila Pancasila. Warga Negara Indonesia juga bertanggung
jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah
belah.
Sebagai seorang siswa, kamu pun memiliki tanggung jawab. Salah satunya
adalah dengan menaati peraturan yang telah ditetapkan, baik oleh sekolah
maupun oleh Negara sesuai peranmu sebagain seorang siswa. Peraturan
sekolah harus sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam
sila-sila dalam Pancasila. Peraturan sekolah juga harus sejalan dengan
peraturan dan undangundang yang berlaku di Indonesia.
Seorang siswa hendaknya bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai
dalam Pancasila. Nilai sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa, dengan
menunjukkan rasa hormat kepada teman-teman yang berbeda keyakinan dan
dengan menjalankan kegiatan keagamaan sesuai dengan keyakinannya. Nilai
sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, dengan menjaga persatuan
dan kesatuan dengan menghargai perbedaan yang ada di antara teman. Nilai
sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam
Permusyawaratan/Perwakilan, dengan menunjukan sikap mau mendengarkan
pendapat teman lain dalam kegiatan pembelajaran dan bekerja sama. Nilai
sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dengan
menaati peraturan sekolah yang menjamin rasa keadilan di
sekolah.menunjukkan rasa peduli kepada sesama manusia di mana pun
berada. Nilai pada sila ketiga, Persatuan Indonesia, dengan
Ayo Menulis
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama untuk memahami isi bacaan.
Tuliskan kata-kata kunci pada setiap paragraf. Lalu, tuliskan isi
bacaan pada setiap paragrafnya dalam diagram berikut!
Kata Kunci Paragraf | Isi Paragraf |
---|---|
Paragraf 1 Tanggung Jawab, Warga Negara, Masyarakat | Tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan. |
Paragraf 2 : Tanggung Jawab Warga Negara, Hak dan Kewajiban | Tanggung jawab warga negara dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya |
Paragraf 3 Siswa, Tanggung Jawab, Menaati Peraturan, Pancasila | Siswa bertanggung jawab menaati peraturan yang telah ditetapkan |
Paragraf 4 Siswa, Mengamalkan, Nilai Pancasila | Siswa bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila. |
Rangkailah isi-isi bacaan dari setiap paragraf di atas untuk menjelaskan
isi bacaan secara keseluruhan. Tuliskanlah dalam satu paragraf
pemahamanmu tentang bacaan dengan bantuan diagram di atas. Gunakanlah
kalimat yang benar dan kata-kata baku dengan tepat.
Tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan.
Tanggung jawab warga negara dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan
kewajibannya. Siswa bertanggung jawab menaati peraturan yang telah
ditetapkan dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila.
Ayo Menulis
Lengkapilah kalimat-kalimat berikut ini dengan menggunakan katakata yang tepat yang teersedia di dalam kotak!
Pertama
|
Persatuan
|
Kesatuan
|
---|---|---|
Hak
|
Tanggung jawab
|
Pancasila
|
- Maju mundurnya sebuah negara tergantung kepada tanggung jawab warga negaranya.
- Setiap warga negara juga memiliki hak dan kewajiban sesuai perannya di dalam masyarakat.
- Setiap warga negara Indonesia, mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia.
- Tanggung jawab untuk menghormati perbedaan keyakinan teman dan anggota masyarakat sesuai dengan pengamalan nilai Pancasila sila pertama
- Menghargai pendapat orang lain, merupakan salah satu cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang juga merupakan pengamalan sila keempat Pancasila.
Kembangkanlah paling sedikit lima kata kunci yang telah kamu tuliskan sebelumnya menjadi kalimat lengkap dengan menggunakan kata-kata baku. Perhatikan contoh
Kata
|
Pengembangan Kata
|
Kalimat
|
---|---|---|
Hak
|
Hak, Berhak
|
|
Wajib
|
Wajib, berkewajiban
|
|
Taat
|
Taat, Menaati
|
|
Massyarakat
|
Masyarakat, Bermasyarakat
|
|
Negara
|
Negara, Bernegara
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar