Kamis, 09 Januari 2020

Materi Ajar Kelas V Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 dan 6

Hari/tanggal : Jum'at/10-01-2020

KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3    Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
3.3.1      Meringkas penjelasan secara tepat.
4.3    Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
4.3.1      menyajikan ringkasan teks penjelasan secara tepat.

IPA
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6    Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
3.6.1      menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertanggung jawab.
4.6    Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor.
4.6.1      Melaporkan hasil perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertanggung jawab.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2    Memahami tangga nada.
3.2.1      memahami tangga nada secara umum.
4.2    Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.
4.2.1      Menyanyikan lagu secara umum.

 

Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 5

Hari masih sangat pagi. Siti terbangun karena mendengar suara azan subuh dari musala. Siti segera menunaikan kewajibannya untuk sholat. Siti mengira ia orang pertama yang terbangun pada pagi hari itu. Ternyata ia melihat Ibu sudah berada di dapur.
Setelah melakukan sholat subuh, Siti menghampiri ibunya yang sedang menyalakan kompor. Siti melihat Ibu sedang memasak air pada dua panic yang berbeda. Panci pertama yang berukuran lebih besar berisi air setengah penuh. Air di panci pertama akan digunakan Ibu untuk merebus sayur. Panci kedua berukuran lebih kecil berisi air yang hampir penuh. Panci kedua akan digunakan Ibu untuk membuat teh. Siti menduga-duga, air dalam panic manakah yang akan mendidih lebih cepat. Diam-diam Siti melakukan pengamatan sambil membantu ibunya menyiapkan sarapan.
tema-6-kelas-5

Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar berikut ini!
tema-6-kelas-5-subtema-1
1. Bagaimana ukuran kedua panci tersebut?
Ukuran kedua panci berbeda, panci A lebih besar dari panci B
2. Manakah panci yang berisi air lebih banyak? A atau B?
Panci A yang digunakan umtuk berisi air lebih banyak
3. Jika kedua panci berisi air itu dididihkan, panci manakah yang akan memerlukan waktu lebih lama untuk mendidihkan air di dalamnya?
Panci A membutuhkan waktu yang lebih lama dari panci B.
4. Mengapa?
Jumlah air dalam panci A lebih banyak daripada air yang ada di panci B.

5. Bagaimana hubungan antara energi panas yang dibutuhkan untuk mendidihkan air di dalam panci dengan suhu air di dalamnya? (Air mendidih pada suhu 100°C).
Semakin banyak jumlah air, semakin banyak energi panas yang dibutuhkan untuk mendidihkannya.
6. Apakah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan di atas?
Kesimpulanku:
Kegiatan yang berbeda memerlukan energi panas yang berbeda juga.
Berdasarkan kegiatan di atas, identifikasi kegiatan sehari-hari yang menunjukkan penggunaan energi panas.
1. Menyetrika baju menggunakan setrika listrik
2. Penjemuran pakaian, pengeringan pakaian/ikan asin/bahan makanan, proses pembuatan garam
3. Memasak air di atas kompor.
4. Mengeringkan rambut menggunakan hairdryer.
Ayo Mengamati
Manakah dari kegiatan berikut yang membutuhkan energi panas (kalor) lebih banyak? Berilah tanda centang (√) pada kotak yang telah disediakan!
Kegiatan 1
Kegiatan 2
Mengeringkan pakaian yang sangat basah.Mengeringkan pakaian yang setengah basah.-
Mengeringkan sapu tangan basah dari kain yang tipis.-Mengeringkan handuk mandi basah yang tebal.
Mengeringkan rambut panjang sehabis keramas.Mengeringkan rambut pendek setelah keramas.-

Perubahan Akibat Perubahan Suhu

Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Energi panas dapat mengubah benda. Beberapa benda akan mengalami pemuaian. Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas. Tetapi sebaliknya, benda dapat mengalami penyusutan. Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air.
Berikut ini adalah beberapa contoh pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari.
1. Pemasangan Kaca Jendela
Pernahkah kamu mengamati posisi kaca yang terpasang pada jendela? Atau mungkin kamu pernah melihat proses pemasangan kaca jendela yang dilakukan oleh tukang kayu. Para tukang kayu selalu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. Mengapa harus demikian? Hal ini dilakukan oleh tukang kayu dengan tujuan untuk memberikan ruang pemuaian bagi kaca saat terkena panas. Jika bingkai jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena panas akan mengakibatkan kaca menjadi retak atau bahkan pecah. Selain itu, untuk menghindari keretakan kaca saat ada bunyi yang menggelegar seperti ketika ada petir, atau bunyi keras lainnya.
2. Ban Sepeda/Motor dan Mobil
Tahukah kamu apa yang terjadi ketika kamu memompa udara terlalu banyak ke dalam ban sepedamu? Jika ban sepeda, ban sepeda motor, dan ban mobil, diisi udara terlalu banyak, maka ban akan mengeras dan menjadi tidak nyaman dikendarai. Selain itu, mengisi udara terlalu penuh ke dalam ban sepeda atau mobil akan membahayakan
pengemudinya. Ban yang diisi terlalu banyak udara dapat meletus dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan karena udara di dalam ban dapat memuai karena panas.
3. Kawat/kabel Listrik dan Telepon
Apakah kamu memperhatikan bahwa kawat atau kabel telepon dan listrik terlihat mengendur dan tidak tegang? Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kawat atau kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalami penyusutan. Selain itu, agar kawat atau kabel tidak putus jika tertimpa pohon yang tumbang.
4. Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca
Pernahkah kamu melihat sebuah gelas kaca yang tiba-tiba pecah atau retak ketika dituangi air panas? Hal ini terjadi karena adanya pemuaian yang tidak merata pada bagian gelas. Oleh karena itu, disarankan agar tidak menuangi gelas basah atau gelas dingin dengan air panas yang baru mendidih.
5. Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta Api
Sambungan pada rel kereta api, dibuat ada celah antara dua batang rel. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena panas, rel tersebut tidak melengkung. Rel yang melengkung akan membahayakan gerbong kereta yang melewatinya.
6. Penggunaan Termometer
Tahukah kamu cara menggunakan termometer klinis atau termometer badan? Termometer akan ditempelkan ke beberapa bagian tubuh seperti dalam mulut atau ketiak. Tujuannya adalah untuk mengukur suhu panas tubuh. Setelah beberapa lama, cairan di dalam termometer akan karena terjadi pemuaian setelah mendapatkan panasdari tubuh. Cairan akan berhenti pada angka tertentu untuk  menunjukkan suhu tubuh. Ketika thermometer tidak digunakan, akan kembali turun karena mengalami penyusutan.

Ayo Menulis

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Jelaskanlah apa yang kamu ketahui dari setiap paragraf dalam bacaan di atas. Apa yang kamu ketahui tentang isi sebuah paragraf merupakan gagasan utama pada paragraf tersebut. Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu.
Apakah yang kamu ketahui tentang paragraf-paragraf pada bacaan?
Paragraf
Berisi Tentang
SatuBenda akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan
DuaContoh pemuaian dan penyusutan benda akibat suhu
TigaBingkai jendela dibuat lebih lebar dari ukuran sebenarnya untuk ruang muai
EmpatUdara di dalam ban dapat memuai karena panas
LimaKawat atau kabel dipasang kendur agar tidak putus saat memuai
EnamPemuaian terjadi ketika gelas dituangi air panas
TujuhPembuatan celah antara dua batang rel untuk ruang muai
DelapanCairan dalam termometer akan memuai saat mendapat panas dari tubuh
Dengan menggunakan tabel di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulan dari bacaan di atas? Tuliskanlah kesimpulanmu tentang bacaan di atas di tempat yang tersedia di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang tepat.
Bacaan di atas menjelaskan bahwa:
Benda akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan. Contoh pemuaian dan penyusutan benda akibat suhu antara lain:
1. Bingkai jendela dibuat sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya untuk ruang muai
2. Udara di dalam ban dapat memuai karena panas
3. Kawat atau kabel diasang kendur agar tidak putus saat memuai
4. Pemuaian terjadi ketika gelas dituangi air panas
5. Pembuatan celah antara dua batang rel untuk ruang muai
6. Cairan dalam termometer akan memuai saat mendapat panas dari tubuh

Ayo Bernyanyi

Sebelumnya, kamu telah mengetahui bahwa beberapa lagu daerah dimainkan dalam tangga nada pentatonis yaitu slendro dan pelog. Gamelan adalah salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada pentatonis. Beberapa alat pada gamelan terbuat dari bilah besi. Seperti beberapa alat musik pada gamelan Jawa berikut ini.
kunci-jawaban-tematik
Alat musik gamelan dibuat dari campuran tembaga dan timah dengan ukuran tertentu. Ukuran dan perbandingan antara kedua logam tersebut dapat menghasilkan suara yang berbeda. Campuran logam itu harus dipanaskan dengan suhu tinggi agar mencair dan mudah dibentuk. Proses ini disebut dengan peleburan. Paduan suara yang dihasilkan oleh alat-alat musik tersebut terdengar harmonis untuk mengiringi lagu-lagu yang dimainkan pada laras slendro atau pelog.
Perhatikanlah lagu daerah di bawah ini dengan saksama. Mintalah Guru untuk memperdengarkan lagu ini di kelas. Lalu tentukanlah tangga nada yang digunakan!
lagu-cing-cangkeling

Kunci Jawaban Tematik Halaman 57

Lengkapilah tabel berikut untuk mengetahui lebih banyak tentang lagu daerah di halaman 56.
Judul Lagu : Cing Cangeling
AsalJawa Barat
Tangga NadaSlendro
Arti syair laguKleung dengdek buah kopi raranggeuyan
Bunyi tetabuhan, buah kopi bertangkai-tangkai.
Keun anu dewek ulah pati diheureuyan
Biarkan! itu milikku jangan sering diganggu
Cingcangkeling manuk cingkleng cindeten
Ingatlah manusia, hati harus selalu tenang
Plos kakolong bapak satar buleneng
Agar mendapat dunia yang penuh rahmat
Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan
Jangan sampai ketinggalan walau masih jauh
Layarna bodas jeung celak kasurung ombak-ombak
Layarnya putih dan terlihat kecil terdorong ombak
KesanGembira
Nyanyikanlah lagu “Cing Cangkeling” dan beberapa lagu yang telah kamu pelajari sebelumnya. Nyanyikanlah secara berulang-ulang hingga kamu dapat menyanyikannya sendiri! Carilah arti lagu lagu tersebut untuk membantumu memahami pesan yang disampaikannya.


Pembelajaran 6

KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3    Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
3.3.1      Meringkas teks penjelasan secara tepat dan mudah dimengerti.
4.3    Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
4.3.1      menyajikan ringkasan teks penjelasan secara tepat dan mudah dimengerti.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2    Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

2.2    Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

3.2    Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1      memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan seharihari secara benar.
4.2    Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.1      Menjelaskan hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan seharihari secara benar.

tema-6-kelas-5
Perhatikanlah kedua gambar di atas dengan saksama! Apakah yang dapat kamu katakan mengenai kedua gambar di atas? Menurutmu apakah yang terjadi pada gambar pertama dan kedua? Apakah kamu pernah mengalami berada pada kedua situasi tersebut? Apakah yang kamu rasakan? Diskusikanlah hasil pengamatan dan pengalamanmu dengan teman sebangkumu!
Setiap warga yang tinggal dalam sebuah masyarakat tertentu, memiliki tanggung jawab sebagai anggota masyarakat tersebut. Demikian juga sebagai warga Negara Republik Indonesia. Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama!

Ayo Membaca

Tanggung Jawab Warga Negara

Pernahkah kamu mendengar kata-kata bijak berikut: “Maju mundur suatu bangsa tergantung tanggung jawab warga negaranya”? Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain. Oleh karenanya, tanggung jawab warga Negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.
Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya, dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara harus sesuai dengan Undang-Undang dasar Negara Repulik Indonesia Tahun 1945. Apa saja tanggung jawab warga negara Indonesia? Warga Negara Indonesia, antara lain mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila. Warga Negara Indonesia juga bertanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah.
Sebagai seorang siswa, kamu pun memiliki tanggung jawab. Salah satunya adalah dengan menaati peraturan yang telah ditetapkan, baik oleh sekolah maupun oleh Negara sesuai peranmu sebagain seorang siswa. Peraturan sekolah harus sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila dalam Pancasila. Peraturan sekolah juga harus sejalan dengan peraturan dan undangundang yang berlaku di Indonesia.
Seorang siswa hendaknya bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila. Nilai sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa, dengan menunjukkan rasa hormat kepada teman-teman yang berbeda keyakinan dan dengan menjalankan kegiatan keagamaan sesuai dengan keyakinannya. Nilai sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, dengan menjaga persatuan dan kesatuan dengan menghargai perbedaan yang ada di antara teman. Nilai sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dengan menunjukan sikap mau mendengarkan pendapat teman lain dalam kegiatan pembelajaran dan bekerja sama. Nilai sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dengan menaati peraturan sekolah yang menjamin rasa keadilan di sekolah.menunjukkan rasa peduli kepada sesama manusia di mana pun berada. Nilai pada sila ketiga, Persatuan Indonesia, dengan

Ayo Menulis

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama untuk memahami isi bacaan. Tuliskan kata-kata kunci pada setiap paragraf. Lalu, tuliskan isi bacaan pada setiap paragrafnya dalam diagram berikut!
Kata Kunci ParagrafIsi Paragraf
Paragraf 1
Tanggung Jawab, Warga Negara, Masyarakat
Tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan.
Paragraf 2 :
Tanggung Jawab Warga Negara, Hak dan Kewajiban
Tanggung jawab warga negara dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya
Paragraf 3
Siswa, Tanggung Jawab, Menaati Peraturan, Pancasila
Siswa bertanggung jawab menaati peraturan yang telah ditetapkan
Paragraf 4
Siswa, Mengamalkan, Nilai Pancasila
Siswa bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila.
Rangkailah isi-isi bacaan dari setiap paragraf di atas untuk menjelaskan isi bacaan secara keseluruhan. Tuliskanlah dalam satu paragraf pemahamanmu tentang bacaan dengan bantuan diagram di atas. Gunakanlah kalimat yang benar dan kata-kata baku dengan tepat.
Tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan. Tanggung jawab warga negara dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya. Siswa bertanggung jawab menaati peraturan yang telah ditetapkan dan  mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila.

Ayo Menulis

Lengkapilah kalimat-kalimat berikut ini dengan menggunakan katakata yang tepat yang teersedia di dalam kotak!
Pertama
Persatuan
Kesatuan
Hak
Tanggung jawab
Pancasila
  1. Maju mundurnya sebuah negara tergantung kepada tanggung jawab warga negaranya.
  2. Setiap warga negara juga memiliki hak dan kewajiban sesuai perannya di dalam masyarakat.
  3. Setiap warga negara Indonesia, mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia.
  4. Tanggung jawab untuk menghormati perbedaan keyakinan teman dan anggota masyarakat sesuai dengan pengamalan nilai Pancasila sila pertama
  5. Menghargai pendapat orang lain, merupakan salah satu cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang juga merupakan pengamalan sila keempat Pancasila.

Kembangkanlah paling sedikit lima kata kunci yang telah kamu tuliskan sebelumnya menjadi kalimat lengkap dengan menggunakan kata-kata baku. Perhatikan contoh
Kata
Pengembangan Kata
Kalimat
Hak
Hak, Berhak
  1. Beni memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan.
  2. Ia juga berhak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya.
Wajib
Wajib, berkewajiban
  1. Setiap siswa wajib mematuhi peraturan di sekolah..
  2. Seorang siswa juga berkewajiban mengamalkan nilai-nilai Pancasila
Taat
Taat, Menaati
  1. Budi anak yang taat pada nasehat kedua orang tuanya.
  2. Ia selalu menaati semua nasehat yang diberikan kedua orangtuanya..
Massyarakat
Masyarakat, Bermasyarakat
  1. Setiap anggota masyarakat harus melaksanakan kewajibannya..
  2. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang dalam bermasyarakat.
Negara
Negara, Bernegara
  1. Negara menjamin hak-hak warga negaranya.
  2. Hak dan kewajiban dalam bernegara dijamun oleh undang-undang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...