Hari/Tanggal : Senin/ 06-01-2020
Alhamdulillah liburan semester 1 telah usai.. ayo anak2 bu guru yang sholih dan sholihah kita mulai bersemangat lagi menimba ilmu khususnya nya di sekolah yaa..Insya Alloh ini materi yang akan kita pelajari besok. Dibaca dan dipelajari dahulu yaa.. semangat :-)
Bismillahirohmanirrohim..
Tema 6 : Panas dan perpindahannya
Sub Tema 1 ; Suhu dan kalor
Perhatikanlah gambar-gambar peristiwa di atas! Gambar kegiatan manakah
yang paling sering kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitarmu?
Apakah persamaan semua gambar tersebut?
Tahukah kamu sumber energi panas apa saja yang ada pada gambar tersebut?
Bagaimana dengan tubuh manusia? Apakah tubuh
manusia mengeluarkan energi panas juga? Bagaimanakah cara mengukur
energi panas?
Ayo Membaca
Sumber Energi Panas
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas.
Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah
matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk
hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu
proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses
fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi
sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi
menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari
dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari
digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam,
mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu
rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian
gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah
permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu
melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi
panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada
kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan
antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat
diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara
menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api.
Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu
digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata
gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu
kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah
dihasilkan dari korek api dan kompor.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
1. Apakah yang dimaksud dengan sumber energi panas?
2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui!
3. Manfaat apa saja yang didapatkan makhluk hidup dari matahari?
4. Tunjukkanlah cara sederhana untuk membuktikan adanya energi panas di
sekitar kita!
5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api?
6. Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?
Ayo Mengamati
Sumber energi panas ada di mana-mana dan sering kita jumpai dalam
kegiatan sehari-hari! Amatilah kegiatanmu pada hari ini. Sumber energi
panas apa saja yang kamu gunakan? Perhatikanlah tabel berikut
Kegiatan
|
Alat Yang Digunakan
|
Sumber Energi Panas
yang Digunakan
|
---|---|---|
Menanak Nasi | Panci dan kompor | Api dari kompor |
Alat penanak nasi elektrik | Listrik | |
Memperbaiki alat elektronik | Solder listrik | Listrik |
Solder uap | Listrik | |
Menyetrika baju | Setrika listrik | Listrik |
Setrika arang | Api | |
Memasak Air | Panci dan kompor | Api dari kompor |
Ketel listrik | Listrik |
Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang paling besar di
muka bumi. Energi panas matahari dapat menyebabkan peristiwa perubahan
di alam yang mudah kita lihat dan amati.
1. Letakkan dua buah es batu pada
masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan
mempunyai warna dan bentuk yang sama.
2. Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.
3. Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau tempat yang terlindung dari sinar matahari.
4. Setiap anggota kelompok akan
mengamati, mengukur, dan mencatat waktu yang diperlukan es batu pada
masing-masing wadah sampai benar-benar mencair.
Perhatikan gambar berikut ini!
1. Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut?
2. Manakah es batu yang akan
mencair terlebih dulu?
3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di
tempat yang tersedia di bawah ini!
4. Dapatkah kamu menarik
kesimpulan dari kegiatan di atas?
Ok bu ghoffar
BalasHapusBaik bu askana
BalasHapus