Sabtu, 04 Januari 2020

Materi Ajar Kelas V Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1

Hari/Tanggal : Senin/ 06-01-2020

Alhamdulillah liburan semester 1 telah usai.. ayo anak2 bu guru yang sholih dan sholihah kita mulai bersemangat lagi menimba ilmu khususnya nya di sekolah yaa..

Insya Alloh ini materi yang akan kita pelajari besok. Dibaca dan dipelajari dahulu yaa.. semangat :-)
Bismillahirohmanirrohim..

Tema 6 : Panas dan perpindahannya
Sub Tema 1 ; Suhu dan kalor

tema 6 kelas 5
Perhatikanlah gambar-gambar peristiwa di atas! Gambar kegiatan manakah yang paling sering kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitarmu? Apakah persamaan semua gambar tersebut?
Tahukah kamu sumber energi panas apa saja yang ada pada gambar tersebut? Bagaimana dengan tubuh manusia? Apakah tubuh manusia mengeluarkan energi panas juga? Bagaimanakah cara mengukur energi panas?


Ayo Membaca

Sumber Energi Panas

Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!

1. Apakah yang dimaksud dengan sumber energi panas?
2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui!
3. Manfaat apa saja yang didapatkan makhluk hidup dari matahari?
4. Tunjukkanlah cara sederhana untuk membuktikan adanya energi panas di sekitar kita!
5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk mendapatkan api? 
6. Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia?

Ayo Mengamati

Sumber energi panas ada di mana-mana dan sering kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari! Amatilah kegiatanmu pada hari ini. Sumber energi panas apa saja yang kamu gunakan? Perhatikanlah tabel berikut
Kegiatan
Alat Yang Digunakan
Sumber Energi Panas
yang Digunakan
Menanak NasiPanci dan komporApi dari kompor
Alat penanak nasi elektrikListrik
Memperbaiki alat elektronikSolder listrikListrik
Solder uapListrik
Menyetrika bajuSetrika listrikListrik
Setrika arangApi
Memasak AirPanci dan komporApi dari kompor
Ketel listrikListrik

Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang paling besar di muka bumi. Energi panas matahari dapat menyebabkan peristiwa perubahan di alam yang mudah kita lihat dan amati.
Ayo mencoba:
1. Letakkan dua buah es batu pada masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang sama.
2. Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.
3. Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau tempat yang terlindung dari sinar matahari.
4. Setiap anggota kelompok akan mengamati, mengukur, dan mencatat waktu yang diperlukan es batu pada masing-masing wadah sampai benar-benar mencair.
Perhatikan gambar berikut ini!
tema 6 kelas 5
1. Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut? 
2. Manakah es batu yang akan mencair terlebih dulu?
3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang tersedia di bawah ini!
4. Dapatkah kamu menarik kesimpulan dari kegiatan di atas?

2 komentar:

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...