Hari/Tanggal : Kamis/ 09-01-2020
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Meringkas teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
|
3.3.1 menguraikan
konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi secara tepat dan
jelas.
|
4.3
Menyajikan ringkasan teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
|
4.3.1 Menyajikan konsep-konsep
yang saling berkaitan pada teks nonfiksi secara tepat dan jelas.
|
PPKn
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.2
Menghargai kewajiban, hak, dan
tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
2.2
Menunjukkan sikap tanggung jawab
dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
3.2
Memahami hak, kewajiban dan tanggung
jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.1 Memahami makna kewajiban
secara percaya diri.
|
4.2
Menjelaskan hak, kewajiban, dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.2.1 menjelaskan makna
kewajiban secara percaya diri.
|
IPS
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Menganalisis bentuk bentuk interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial,
budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
|
3.2.1 menganalisis
bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap
pembangunan secara tepat.
|
4.2
Menyajikan hasil analisis tentang
interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
|
4.2.1 Menyajikan
hasil analisis
bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap
pembangunan secara tepat.
|
Pernahkah kamu melihat gambar di atas? Gambar tersebut merupakan pesan
kepada masyarakat dalam bentuk papan iklan layanan masyarakat. Papan
iklan tersebut, merupakan salah satu media yang digunakan untuk
menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media cetak. Pesan atau
informasi apa saja yang kamu dapatkan dari papan iklan tersebut?
Pernahkah kamu melihat papan iklan serupa?
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!
Apa yang dapat kamu ceritakan tentang gambar-gambar di atas? Apakah kamu
pernah menemuinya di lingkungan tempat tinggalmu? Bagaimana pendapatmu
terhadap gambar tersebut? Menurutmu, hal-hal apa sajakah yang
menyebabkan hal itu terjadi? Bagaimana hubungan atau interaksi manusia
terhadap lingkungan yang tampak dari gambar tersebut?
Ayo Membaca
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari
alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya.
Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk
interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat
dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk
hidup lainnya.
Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi
alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan
misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah
di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di
dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya
dapat membahayakan manusia sendiri.
Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat
menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya.
Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah
dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga
dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang
pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia
pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
- Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa? Manusia tidak dapat hidup tanpa lingkungan alam karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.
- Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu! Jawaban bisa bervariasi.
- Sebutkan dan jelaskanlah contoh banjir.
- Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan! Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia. interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya! Membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.
- Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan! Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan
apa yang telah kamu baca. Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada
setiap paragraf bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada
setiap paragraf yang kamu anggap penting.
Setelah melakukan kegiatan di atas, ceritakanlah kembali apa yang kamu
ketahui tentang bacaan di atas dalam sebuah paragraf. Tuliskanlah
penjelasanmu di bawah ini menggunakan kata-kata baku yang tepat.
Jawab:
Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Tetapi,
tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam.
Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat
menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya.
Dalam kelompok yang terdiri atas empat orang, tunjukkanlah hasil
pekerjaanmu satu sama lain. Apakah teman-temanmu menceritakan hal yang
sama pada setiap paragraf bacaan di atas? Mengapa?
Ayo Mengamati
Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu! Lakukanlah
kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu
terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut
untuk membantumu!
Bentuk Kegiatan
Interaksi
|
Pengaruh Negatif yang
Terjadi
|
Usaha untuk
Memperbaiki
|
---|---|---|
Pertanian | Penggunaan pupuk buatan berlebihan merusak tanah | Menggunakan pupuk alam dari kotoran hewan |
Perkebunan | Penggunaan pestisida menyebabkan pencemaran lingkungan | Penggunaan musuh alami hama tanaman |
Peternakan | Pembuangan limbah peternakan ke sungai menyebabkan bau tidak enak yang menyengat. | Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak, pupuk organik, energi dan media pelbagai tujuan |
Perikanan | Limbah sisa pengolahan ikan menimbulkan pencemaran lingkungan | Tepung dan silase ikan, dari limbah daging, tulang, insang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk dan pakan ternak/ikan. |
Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada teman dalam kelompokmu.
Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam kelompok. Jawablah pertanyaan
yang diberikan temanmu terhadap hasil presentasimu. Berikan juga
tanggapan atas pekerjaan temanmu yang lain.
Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini!
Kesimpulan ku:
Mendapatkan manfaat dari lingkungan alam merupakan hak kita. Tetapi memeliharanya adalah kewajiban kita bersama.
Ayo Membaca
Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu memahami makna kewajiban secara umum.
Kewajiban Warga Negara dan Siswa
Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar
yang kotor, penuh coretan, dan rusak? Demikian juga dengan dinding
sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi
sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan
tulisan-tulisan. Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian
kamu tidak dapat belajar dengan baik.
Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi
pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana
pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika siswa tidak melakukan kewajiban
tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar
akan terganggu.
Apakah yang dimaksud dengan kewajiban? Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus
dilakukan atau diamalkan. Sehingga kewajiban adalah sesuatu yang wajib
dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk
menjamin haknya terpenuhi.
Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan
yang ditetapkan Negara melalui undang-undang. Semua kewajiban ini, harus
dilakukan untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang
siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban
siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan,
misalnya menaati peraturan sekolah.
Ayo Berdiskusi
Sebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita perlu mengetahui hak
dan kewajiban kita. Sebelumnya kamu telah mengetahui hak-hakmu sebagai
siswa dan sebagai seorang anak. Bersama dengan teman sebangkumu, gunakan
tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai siswa. Setelah
itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak-hakmu.
Hakmu sebagai Siswa di Sekolah
|
Kewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah
|
---|---|
Mendapatkan pendidikan dan pengajaran. | Mengikuti seluruh kegiatan sekolah |
Menggunakan fasilitas pembelajaran | Mematuhi berbagai peraturan di lingkungan sekolah. |
Memperoleh bimbingan dan konsultasi | Memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah. |
Hakmu sebagai Anak di Rumah
|
Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah
|
Hak Mendapatkan Kasih Sayang | Membantu Orang Tua |
Hak Mendapatkan Perlindungan | Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh |
Hak Mendapatkan Kesehatan | Membereskan Kamarnya |
Presentasikanlah hasil diskusimu di dalam kelompok kecil yang terdiri
atas empat orang. Buatlah beberapa pertanyaan tentang presentasi yang
dibuat teman-teman di dalam kelompokmu. Catatlah beberapa hal yang kamu
anggap penting. Lalu, buatlah kesimpulan tentang makna kewajiban dari
hasil diskusimu.
Kesimpulanku:
Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya
terpenuhi. Kewjiban dan hak harus dilaksanakan secara seimbang sehingga
keharmonisan hidup akan terjaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar