Hari/tanggal : Rabu/08-01-2019
KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Meringkas teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
|
3.3.1 Meringkas teks penjelasan
secara benar.
|
4.3
Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi)
dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat
efektif secara lisan, tulis, dan visual.
|
4.3.1 menyajikan
ringkasan teks penjelasan secara benar.
|
PPKn
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.2
Menghargai kewajiban, hak, dan
tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
2.2
Menunjukkan sikap tanggung jawab
dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
3.2
Memahami hak, kewajiban dan tanggung
jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.1 Memahami makna hak sebagai
siswa dan warga negara secara benar.
|
4.2
Menjelaskan hak, kewajiban, dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.2.1 menjelaskan makna
hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.
|
IPS
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Menganalisis bentuk bentuk interaksi
manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya,
dan ekonomi masyarakat Indonesia.
|
3.2.1 mengidentifikasi interaksi manusia
dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.
|
4.2
Menyajikan hasil analisis tentang
interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
|
4.2.1 membuat laporan
hasil observasi di lingkungan sekitar tentang interaksi manusia dengan
lingkungan secara tepat dan jelas.
|
Perhatikan kembali gambar pada buku di atas. Dapatkah kamu menceritakan
gambar-gambar di atas? Tahukah kamu bahwa matahari adalah sumber energi
yang tidak pernah habis dan diperlukan oleh seluruh makhluk hidup yang
ada di bumi, termasuk masyarakat Indonesia? Manusia dan lingkungan
sekitar memerlukan sumber energi panas untuk kelangsungan hidupnya.
Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah bersama dengan temanmu, usaha-usaha apa saja yang
dilakukan manusia untuk memanfaatkan energi panas dari matahari.
Bagaimana masyarakat sekitarmu memanfaatkan energi panas untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya? Apakah energi panas diperuntukkan bagi semua orang?
Bagaimana usaha masyarakat di sekitarmu untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya?
Ayo Membaca
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan
lingkungannya. Dalam hubungan dengan lingkungannya, ada peristiwa saling
memengaruhi satu dengan yang lain. Matahari adalah sumber kehidupan
yang memungkinkan lingkungan manusia berjalan sebagaimana mestinya.
Lingkungan manusia terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan
masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh
kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
Bagaimana manusia berhubungan dengan lingkungan alamnya? Simaklah bacaan berikut ini!
Manusia dengan Lingkungan Alam
Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama
makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas
benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber
penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan
makhluk hidup.
Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang
lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk
hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu,
dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang
tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut.
Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang
banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk.
Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang
baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk
menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana
dengan manusia?
Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi
dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri
dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat
memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan
diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di
lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim
hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih
waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar
dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.
Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya,
untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya
hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan
buatan ini, tentu dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa judul bacaan di atas?
2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap paragraf di atas.
3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu
tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah
temanmu untuk menjawabnya!
Mengapa makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati?
4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!
5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu.
Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam?
2. Apa saja interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam?
3. Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi antara lingkungan yang
terdiri atas lingkungan benda hidup dan benda mati!
4. Jelaskanlah interaksi apa saja yang terjadi antara manusia dengan
lingkungan alamnya!
5. Berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan
alam yang kamu ketahui!
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.
1. Jelaskanlah pokok pikiran di setiap paragraf dengan menggunakan tabel
berikut! Lengkapi juga dengan informasi penting pada setiap
paragrafnya!
Paragraf
|
Pokok Pikiran
|
Informasi Penting
|
---|---|---|
1
| Hubungan makhluk hidup dengan lingkungan. | Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. |
2
| Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi | Bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang |
3
| Makhluk hidup dapat memengaruhi benda mati. | Daerah yang banyak tumbuhannya menjadi lebih sejuk dan air tanah yang berlimpah. Tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya |
4
| Hubungan antara manusia dan lingkungan alam | Hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya |
5
| Pemanfaatkan alam oleh manusia | Untuk menanggulangi akibat kemarau panjang manusia membuat hujan buatan dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi. |
2. Buatlah sebuah tulisan dalam
satu paragraf yang menjelaskan tentang bacaan di atas. Gunakanlah pokok
pikiran dan informasi penting di atas dalam tulisanmu. Usahakanlah untuk
menggunakan bahasamu sendiri.
Makhluk hidup dan lingkungan saling berhubungan. Selain dengan
lingkungan makhluk hidup juga berhubungan dengan benda mati. Makhluk
hidup dapat memengaruhi benda mati. Ada 2 macam hubungan antara manusia
dengan alam yaitu manusia menyesuaikan diri dengan alam dan pemanfaatan
alam oleh manusia. Manusia memanfaatkan alam menggunakan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki
3. Di dalam kelompok kecil,
tukarlah hasil pekerjaanmu dengan hasil pekerjaan teman sekelompokmu.
Apakah teman sekelompokmu memiliki tulisan yang sama denganmu?
Ayo Mencoba
Perhatikanlah lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Berdasarkan
keterangan pada bacaan di atas tentang interaksi manusia dengan
lingkungannya, cobalah lakukan pengamatan terhadap lingkungan di
sekitarmu. Gunakan pertanyaan berikut ini sebagai panduanmu.
1. Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di daerah tempat tinggalmu?
Apakah termasuk daerah pantai, pegunungan, atau dataran?
2. Apa pekerjaan utama orang-orang di sekitarmu?
Daerah Tempat Tinggal
|
Pekerjaan Utama Penduduk
|
---|---|
Pegunungan
|
Petani
|
Dataran Tinggi
|
Petani
|
Dataran Rendah
|
Petani
|
Pantai
|
Nelayan
|
3. Apa saja bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya? Lengkapilah tabel berikut, perhatikan contoh!
Bentuk Interaksi Masyarakat
dengan Alam
|
Hasil Interaksi dengan
Lingkungan Alam
|
---|---|
Bercocok tanam | Mudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan |
Menjadi nelayan | Mendapatkan berbagai jenis ikan |
Memelihara hewan ternak sapi | Mudah mendapatkan susu dan daging |
Melakukan penghijauan | Tersedianya sumber air bersih |
4. Apa kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini?
Daerah yang berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda sehingga manusia harus mampu menyesuaikan diri..
Ayo Berdiskusi
Tahukah kamu bahwa setiap manusia yang hidup di dalam masyarakat
mempunyai hak yang dilindungi oleh undang-undang. Salah satu hak warga
negara Indonesia adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Tahukah kamu
apa maknanya?
Kita adalah warga negara Indonesia. Kamu yang lahir dan besar di
Indonesia mempunyai hak sebagai warga negara Indonesia. Sebagai seorang
siswa pun, kamu mempunyai hak-hak yang harus kamu ketahui. Bacalah
bacaan berikut ini dengan saksama sebelum kamu melakukan kegiatan
berikutnya.
Ayo Mencoba
Konvensi Hak-Hak Anak
Anak-anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa.
Oleh karenanya, kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan
anak harus diutamakan. Sayangnya, tidak semua anak mempunyai kesempatan
yang sama dalam mewujudkan harapannya. Banyak di antara mereka yang
mengalami kesulitan untuk tumbuh dan berkembang secara sehat dan
mendapatkan pendidikan yang terbaik. Banyak anak berasal dari keluarga
yang kurang mampu yang tidak mendapatkan layanan pendidikan dan
kesehatan.
Tak hanya itu, akibat perang dan pertikaian yang terjadi di beberapa
Negara menyebabkan banyak anak yang menjadi korban. Hak-hak mereka
terabaikan sehingga menjadi korban kekerasan. Oleh karenanya,
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mensahkan Konvensi Hak-hak Anak
(Convention On The Rights of The Child) pada tanggal 20 November 1989.
Konvensi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap anak dan
menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia. Konvensi Hak Anak, merupakan
sebuah dokumen yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang
secara resmi memberikan hak-hak kepada anak-anak sedunia. Dokumen ini
juga telah diratifikasi atau disetujui oleh hampir semua pemimpin negara
yang ada di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang
mendukungnya pada tahun 1996.
Apa saja hak-hak anak menurut Konvensi Hak-Hak Anak? Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
1. Hak Kelangsungan Hidup, hak
untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar
kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. Apakah kamu tahu
nama lengkap kedua orang tuamu? Apakah kamu tahu asal usul kedua orang
tuamu? Apakah kamu tahu asal usul keluargamu? Setiap anak berhak tahu
keluarganya dan identitas dirinya.
2. Hak Perlindungan, perlindungan
dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. Kamu
memiliki hak yang sama dengan anak-anak lain untuk melakukan kegiatan
keagamaanmu, atau melakukan kegiatan perayaan tradisimu. Sebagai seorang
anak kamu belum boleh bekerja, dan kamu berhak diperlakukan secara baik
tanpa kekerasan.
3. Hak Tumbuh Kembang, hak
memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi
perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. Kamu memiliki
hak untuk sekolah, mendapatkan tempat tinggal, mendapatkan makanan dan
minuman yang layak. Hakmu adalah bermain dan mendapatkan istirahat yang
cukup, karena hal itu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembanganmu
sebagai seorang anak.
4. Hak Berpartisipasi, hak untuk
menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu
mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan usiamu.
Kamu juga berhak untuk memberikan pendapat jika itu berhubungan dengan
kehidupanmu sebagai seorang anak.
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
1. Tuliskan beberapa kata-kata sulit yang belum kamu pahami. Cari tahu
makna kata tersebut dengan mendiskusikannya bersama teman dan gurumu!
No.
|
Kata Sulit
|
Makna
|
---|---|---|
1. | Konvensi | Permufakatan atau kesepakatan |
2. | Ratifikasi | Pengesahan dokumen negara khususnya pengesahan undang-undang, perjanjian antarnegara, dan persetujuan hukum internasional; |
3. | Identitas | Ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang; jati diri: |
4. | Diskriminasi | Pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara |
5 | Eksploitasi | Pemanfaatan untuk keuntungan sendiri; |
2. Buatlah daftar hak anak yang kamu dapatkan dari bacaan di atas! Catatlah hak-hak tersebut di bawah ini!
• Hak Kelangsungan Hidup, hak
untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar
kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
• Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.
• Hak Tumbuh Kembang, hak
memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi
perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
• Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak.
3. Dari daftar yang kamu buat di atas, tulis dan tandailah hak-hak yang sudah kamu dapatkan dengan membuat tanda centang (√).
No.
|
Hak Anak
|
Ket.
|
---|---|---|
1. | Hak Kelangsungan Hidup | √ |
2. | Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran. | √ |
3. | Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial. | √ |
4. | Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. | √ |
4. Bagaimana kamu mendapatkan hak-hak tersebut?
No.
|
Hak Anak
|
Cara Mendapatkan
|
---|---|---|
1. | Hak Kelangsungan Hidup | Selalu menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi. Selalu memeriksakan kesehatan tubuh. |
2. | Hak Perlindungan | Mematuhi semua aturan yang ada dalam keluarga. Taat dan patuh terhadap perintah orang tua. |
3. | Hak Tumbuh Kembang | Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh, Memanfaatkan waktu dengan bijak untuk bermain dan belajar. |
4. | Hak Berpartisipasi | Mendengarkan dan melaksanakan nasehat orang tua. menyampaikan pendapat dengan sopan, |
Tahukah kamu tentang hakmu sebagai siswa? Bacalah artikel berikut ini dengan saksama!
Hak-Hak Seorang Siswa
Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan.
Setiap anak yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk
mengikuti pendidikan. Hal ini sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang
ditandatangani pemerintah Indonesia. Setiap anak di Indonesia memiliki
hak untuk memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang akan
membantunya menjadi warga negara yang mandiri di kemudian hari.
Setiap anak yang belajar di sebuah lembaga pendidikan, baik formal
maupun tidak formal, disebut sebagai siswa. Setiap siswa yang belajar di
sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang sama.
Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:
- mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
- memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
- mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
- mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
- pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
- memperoleh penilaian hasil belajarnya;
- menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
- mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan daftar hak siswa di atas. Pahamilah kalimat pada setiap
bagian tersebut, lalu tuliskanlah kembali dengan menggunakan kata-katamu
sendiri. Jika kamu mengalami kesulitan untuk memahami kata-kata sulit,
gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk membantumu. Gunakan diagram
berikut untuk membantumu!
Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan.
Setiap siswa yang belajar di sebuah sekolah mempunyai hak-hak yang
sama. Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud
dengan hak-hak siswa adalah hak untuk: mendapat perlakuan sesuai dengan
bakat, minat, dan kemampuannya; memperoleh pendidikan agama sesuai
dengan agama yang dianutnya; mengikuti program pendidikan yang
bersangkutan; mendapat bantuan fasilitas belajar; pindah ke sekolah yang
sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi memperoleh penilaian hasil
belajarnya; menyelesaikan program pendidikan lebih awal; dan mendapat
pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Hak Adalah
Hak adalah milik, kepunyaan, kewenangan untuk berbuat sesuatu karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dsb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar