Selasa, 20 Agustus 2019

Materi Ajar tema 2 Sub tema 1 PB 5

Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot


Hari/tanggal : Rabu/ 21 Agustus 2019

Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot
3.2 Mengklasifikasikan informasi yang di dapat dari teks ke dalam aspek : apa, dimana, kapan, dimana, dan bagaimana

Bernapas adalah kegiatan menghirup oksigen ke dalam tubuh dan mebuang gas karbondioksida dari dalam tubuh. Bernapas membutuhkan kekuatan otot. Otot pernapasan utama adalah diafragma. Diafragma terdapat di dalam tubuh di bagian baah rongga dada, yang bentuknya menyerupai kubah. Saat kita menghirup udara, diafragma akan berkontraksi menjadi lebih datar. Saat itu paru-paru membesar untuk dapat menampung udara yang kita hirup.  Saat kita menghirup udara otot-otot tulang rusuk mengangkat tulang rusuk kita sehingga paru-paru membesar.

Sebaliknya saat membuang napas, oto diafrgma akan relaksasi dan otot tulang rusuk akan mengendur. Paru-paru mengkerut lagi ke ukuran semula dan menghembuskan karbondioksida ke lingkungan.

Pernapasan pada manusia terdiri dari dua proses yaitu masuknya udara dari lingkungan ke paru-paru(inspirasi) dan kelurarnya udara dari paru-paru ke lingkungan (ekspirasi). Proses pernapasan diobantu dengan kerja otot, Berdasarkan otot yang digunakan, pernapasan dibagi menjadi pernapasan dada dan pernapasan perut.

Pernapasan dada adalah pernapasan yang terjadi karena kerja otot antara tulang rusuk. Pernapasan perut adalah pernapasan yang terjadi karena kerja otot diafragma. Pernapasan dada dan pernapasan perut terjadi secara bersamaan.
Pernapasan dada

Pernapasan perut

Pada paru-paru orang dewasa dapat menapung 5 liter udara. Volume ini disebut volume paru-paru atau kapasitas total paru-paru.  Dalam keadaan normal, udara yang masuk (inspirasi) dan keluar (ekspirasi) hanya setengah liter, udara ini yang disebut volume  tidal. Jika kita menghembuskan udara sekuat-kuatnya, tidak semua udara keluar . di dalam paru-paru masih tersisa kurang lebih satu liter. Udara yang tidak dapat dihembuskan keluar disebut udara sisa (udara residu). Karena adanya udara residu makan udara yang keluar masuk paru-paru maksimum empat liter undar aini disebut kapasitas vital paru-paru.


TANGGA NADA DIATONIS MINOR
3.2 Memahami tangga nada

Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 ½  1 1 1 ½ 1
Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam salah satunya tangga nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis ini adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah.
Contoh lagu yang menggunakan tangga nada diatonis minor adalah lagu  Syukur, Hymne guru, gugur bunga, dan mengheningka cipta. 
ciri-ciri tangga nada diatonis minor adalah  bersifat sedih, kurng bersemangat, diawalai dan diakhiri dengan nada la, tetapi kadag juga diawali dengan nada mi (3) dan diakhiri dengan nada 6 (la).

Latihan
  1. Secara umum lagu bertangga nada diatonis minor bersifat ....
  2. Tuliskan 3 contoh lagu bertangga nada minor ...
  3. Lagu ayam den lapeh dan bungong jeumpa termasuk lagu bertangga nada ..... yang gembira dan bersemangat.
  4. .... Kegiatan menanam pohon dilakukan ?  Kegiatan menanam pohon dilakukan di seluruh Indonesia.  Kata tany ayang tepat untuk melengkapi pertanyaan tersebut adalah ...
  5. ..... pelaksanaan hari menanam pohon nasional? Diperingati setiap tanggal 28 November . Kata tanya yang tepat adalah ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...