Minggu, 25 Agustus 2019

Materi Ajar kelas V Tema 2 Subtema 2 Pb 1

Hari/Tanggal : Senin, 26 Agustus 2019


Udara Bersih bagi Pernapasan


Udara bersih Bagi pernapasan
3.2 mengklsifikasikam informasi yang di dapat dari teks ke dalam aspek apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Apa
Kata tanya mempunyai sejumlah jenis beserta fungsinya. Kata apa berfungsi untuk menanyakan sesuatu baik keadaan atau perbuatan yang berkaitan dengan isi atau bahasan. Jawaban untuk kata tanya apa berupa suatu pengertian ataupun penjelasan dari apa yang ditanyakan
Contoh.
Apa makanan yang sedang kau santap itu, Ali?
Aku sedang menyantap gado-gado, Budi.

Siapa
Merupakan kata tanya yang berfungsi menanyakan pelaku yang terkait bersangkutan atau turur dalam suatu peristiwa atau kejadian. Adapun jawabannya adalah orang atau pelaku suatu tindakan.
Contohnya:
Siapa yang bertamu kerumahmu kemarin malam?
Itu kerabatku, Sani namanya.

Kapan
Merupakan kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan interval peristiwa terjadinya suatu kejadian. Jawaban atas  kata tanya ini adalah berupa jam, hari, tanggal,bulan,tahun
Conrohnya:
Kapan acara wisudaan akan dilaksanakan?
Acara wisuda akan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2019
(di, Ke,dari) mana

Adalah sebuah kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan tempat suatu peristiwa berlangsung, lokasi yang dituju serta tempat yang sedang digunakan atau yang tengah disambangi. Adapun jawaban atas kata tanya ini adalah hal-hal yang ditanyakan tersebut.
Contohnya:
Dimanakah Kau membeli buku itu?
Aku membelinya di toko buku seberang sekolah.

Dalam teks bacaan yang disajikan kita biasanya bisa menemukan informasi tentang penyebab terjadinya gangguan organ pernapasan manusia.

Gangguan Pernapasan
3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memeelihara kesehatan organ pernapasab manusia (IPA)

Dayu batuk-batuk saat menghirup udara bercampur asap kendaraan bermotor. Sebaliknya saat menghirup udara di bawah pohon rindang. Dayu merasa nyaman. Udara di bawah pohon rindang terasa segar. Sedangkan asap kendaraan bermotor menjadikan udara kotor. Udar akotor menyebabkan gangguan pernapasan.

Apasaja penyebab terjadinya gangguan pernapasan? Barikut faktor-faktor penyebab gangguan pernapasan
1. Faktor fisik
Adanya kelainan pada organ pernapasan dapat menyebabkan gangguan pernapasan, misalnya pada bayi terlahir didni (prematur) organ pernapasannya mungkin belum sempurna sehingga memerlukan alat bantu pernapasan.
2. Faktor penyakit
Banyak penyakit menyebabkan gangguan pada pernapasan misalnya influenza, asma, bronkitis, emfisema, dan kanker paru-paru.
3. Faktor lingkungan
Kita bernapas untuk menghirup oksigen. Lingkungan kotor, asap kendaraan, asap pabrik, dan asap rokok mencemari udara. Udara tercemar menyebabkan ketersedian oksigen menipis sehingga kita merasakan sesak saat bernapas.

 
  
Perbedaan udara di kota dan di desa
Udara bersih sangat dibutuhkan oleh manusia. Udara berseh bersal dari hasil fotosintesis tanaman hijau. Daun-daun dapat menyerap karbondioksida sehingga udara menjadi bersih. Di kota besar udara segar jarang kita temukan.udara dikota sudah tercemat karena penuh dengan pabrik dan kendaraan bermotor. Pabrik dan kendaraan bermotor mengeluarkan asap hitam sehingga udara menjadi kotor. Udara kotor mengandung sedikit oksigen sehingga menyebabkan gangguan pernapasan.
Perbedaan Udara di desa dan di kota
Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat udara dilingkungan rumah terasa segar  yaitu dengan melengkapi rumah dengan ventilasi, membersihkan ruangan secara berkala, dan menanam tanaman hijau.

1 komentar:

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...