Selasa, 27 Agustus 2019

Materi Ajar Kelas V Tema 2 Subtema 2 Pb 2

Hari/ tanggal: Selasa, 27 Agustus 2019


Penyakit yang Menyerang Organ Pernapasan


Penyakit yang Menyerang Organ Pernapasan
3.2 mengklsifikasikam informasi yang di dapat dari teks ke dalam aspek apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Dalam teks cerita, kita bisa menemukan informasi tentang penyebab terjadinya gangguan pada organ pernapasan manusia. Penyajian informasi dalam bentuk cerita lebih mudah dipahami oleh pembaca anak-anak. Dengan memakai metode cerita informasi disajikan lebih menarik dan merangsang minat baca.

Pagi itu udara terasa dingin. Di sebelah rumah Edo tinggal Kakek Husin. Kakek Husin mengindap penyakit asma. Saat udara dingin Kakek Husin akan merasa kesulitan bernapas. Kakek Husin biasanya akan segera menyemprotkan obat di dalam botol Spray. Obat itu disemprotkan ke dalam tenggorokannya. Tak lama setelah itu Kakek Husin akan dapat bernapas lagi dengan lega.

Asma merupakan penyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi. Pencetus alergi misalnya udara dingin, rambut, bulu, kotoran debu, atau tekanan psikologis.
Gejala awal penyakit asma berupa:  Batuk terutama pada malam atau dini hari, Sesak napas,  Napas berbunyi yang terdengar jika pasien menghembuskan napasnya, Rasa berat di dada, Dahak sulit keluar
Dalam perkembangannya pasien penyakit asma dapat mengalami gejala berat. Gejala berat adalah keadaan gawat darurat yang mengancam jiwa. Gejala berat asma meliputi:
Serangan batuk hebat, sesak napas berat, napas tersengal-sengal, sianosis (kulit kebiruan) yang dimulai dari sekitar mulut, sulit tidur (posisi yang nyaman adalah dalam keadaan duduk) dan kesadaran menurun.


“Buatlah peta pikiran dari informasi yang terdapat pada bacaan di atas.
Dan diskusikan jawaban pertanyaan berikut ini bersama teman-teman
1. Apa penyebab penyakit asma
2. Apa yang terjadi pada organ pernapasan penderita penyakit asma
3. Apa geajala wal penyakit asma
4. Bagaiman kondisi pasien asma yang mengalami gejala berat?
5. Bagaimana posisi terbaik bagi pasien asma yang mengalami gejala berat?

3.2 Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memeelihara kesehatan organ pernapasab manusia (IPA)

Alat pernapasan kita dapat terkena bermacam-macam peenyakit menular. Mengisap udara yang sudah tercemar dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada alat pernapasan. Jika mengisap udara tercemar, lama kelamaan kita bisa terserang penyakit yang berbahaya.
Kanker paru-paru dapat menyebabkan kematian. Kanker paru-paru disebabkan oleh asap rokok.
Asma adalah gangguan pernapasan karena saluran pernapasan menyempit. Akibatnya penderita sulit bernapas. Penyebabnya adalah alergibahan yang dapat menyebabkan alergi berupa debu, bulu, asap, atau udara dingin.
Bronkitis adalah penyakit radang pada cabang tenggorokan (bronkus)
Amandel adalah pembengkakan pada tekkak. Akibatnya saluran pernapasan menjadi sempit.
TBC (Tubercullosis) adalah penyakit radang paru-paru. Penyakit ini deisebabkan oleh bakteri. Penderita TBC paru-parunya terdapat bintil-bintil kecil pada dinding alveolusnya hingga mengganggu penyerapan oksigen.
Influenza adalah penyakit yang ditandai dengan pilek, pusing, meriang dan demam. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Penyakit ini sangat mudah menular melalui udara. Tubuh kita akan sangat mudah terserang influenza bila dalam kondisi lemah atau kekurangan vitamin.
Berikut ini adalah peta pikiran beberapa penyakit saluran pernapasan

Menyiapkan Karya Tari daerah menggunakan Properti
1.3     Memahami Pola Lantai dalam tari kreasi daerah (SBdP)

Perlengkapan tari disebut juga properti tari. Properti tari adalah perlengkapan yang dikenakan dalam tarian. Dalam Tari properti berfungsi untuk memperkuat karakter tari. Properti tari antara lain sampur, bokor, bakul, keris, kipas, kuda kepang, piring, lilin, dan payung.


Penggunaan properti disesuaikan dengan tariannya. Misalnya tari kuda lumping lebih cocok menggunakan properti kuda kepang dari pada keris. Setiap tari daerah menggunakan properti yang sesuai dengan temanya. Misalnya tari perang menggunakan properti tombak atau bambu runcing. Tari seudati Aceh menggunakan properti ikat kepala. Tari pakarena menggunakan properti tari kipas. Tari topeng menggunakan properti topeng.

Selain keindahannya, daya tarik muncul dari tata busana. Tata busana maupun perlengkapan tari ini sangat sederhana disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Tata busana yang digunakan sesuai dengan tariannya misalnya tari reog Ponorogo tata busananya menyerupai singa dan merak.

Selain bentuk, tata busana, dan perlengkapan tari juga mempunyai warna sesuai dengan karakter tarian. Misalnya dari Kalimantan ada yang menggunakan perlengkapan tari berupa sampe. Busana tari Remo antara lain baju panjang, celana sebatas lutut, selendang, ikat kepala, keris, dan kerincing.

tugas : siswa membuat kliping tarian daerah

3 komentar:

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...