Rabu, 23 September 2020

MATERI AJAR KELAS 6 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6

Materi Ajar

Hari/Tanggal      : Rabu, 23 September 2020
Tema 3               : Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 1        : Penemu Yang Mengubah Dunia
Pembelajaran     : 6
Muatan PB         : PKN, Bahasa Indonesia 
Tujuan Pembelajaran : siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah dengan mandiri, siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat hak dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat,
 
Baca teks berikut dalam hati! 
Roda, Pengubah Wajah Dunia 
Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.

Sejarah perkembangan roda berdasarkan teks di video pembelajaran :



Video Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6 

Teks tersebut termasuk teks eksplanasi ilmiah karena teks tersebut menerangkan proses penemuan roda

Paragraf 1: Topik Masalah

Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang mempermudah semua pekerjaan. 

Paragraf 2: Deret Penjelas

Awalnya roda dibuat menggunakan mesin pemintal kain. Peninggalan roda tertua berasal dari Mesopotamia.Perkembangan roda dimulai dari balok kayu yang digulingkan, kemudian berkembang menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, roda kayu berjari-jari, hingga menjadi roda sempurna berbahan besi yang kuat. 
 
Paragraf 3: Deret Penjelas
 Tahun 1839, Charles Goodyear berhasil membuat ban karet yang tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan Tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban yang berisi udara, yang berkembang hingga saat ini dengan berbagai ukuran, jenis, dan bahan sesuai dengan fungsinya. 

Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Penemuan roda membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan cepat seperti distribusi barang-barang perdagangan ke berbagai tempat yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dunia.

Baca kembali arti hak dan kewajiban yang telah kamu pelajari pada hari sebelumnya.

Hak dan Tanggung Jawab

Hak adalah segala sesuatu yang harus didapatkan. Kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan atau sesuatu yang harus dilakukan. Sedangkan tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja ataupun tidak disengaja.     
 
TUGAS TEMATIK KLIK DISINI

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...