Senin, 21 September 2020

MATERI AJAR KELAS 6 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 DAN MATEMATIKA

Senin, 21 September 2020

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

Sekolah                 : SD  Al Azhar 1 Bandar Lampung

Kelas /Semester    : 6 / 1 (Satu )

Tema 3                  : Tokoh dan Penemuan

Subtema 1             : Penemu yang Mengubah Dunia

Mapel                    : B. Indonesia (3.2) dan PPKn ( 3,2)

Pembelajaran ke- : 4

Tujuan pembelajaran : Siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan sistematis, dan
mampu mengidentifikasi contoh manfaat hak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.


gambar animasi bergerak Assalamualaikum (3) | THEY ARE SPECIAL KIDS! 

 

Jual Wall Decor Assalamualaikum / Wood Printing / Bukan Stiker ... 

Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak sholih sholihah  dan keluarganya  selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan  duha.

Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalabantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

TEMATIK

Baiklah anak-anak sholih sholihah. masih ingatkah Ananda tentang pembelajaran sebelumny. Bu Guru ingatkan kembali materi  pembelajaran bahasa indoensia tentang teks eksplanasi

Teks Eksplanasi Ilmiah

Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.

Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab akibat. 
 
Teks eksplanasi terdiri atas: 
1. pernyataan umum (pembukaan)
2. deretan penjelas (isi)
3. penutup (kesimpulan).

Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan.

Baiklah Anak sholih sholihah langsung saja Ananda tonton dan simak video pembelajaran 4 berikut ini 

https://www.youtube.com/watch?v=YZg4ADzj5rM 



Ayo Membaca
 
Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar

Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.
Thomas Alva Edison
Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam. Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.

Berikut adalah informasi yang dapat Ananda peroleh pada teks eksplanasi di atas
 
 
Ayo Berdiskusi
Dengan ditemukannya lampu pijar, saat ini kita dapat melakukan berbagai hal di malam hari. Seperti yang dilakukan oleh Siti dan adiknya berikut.

Lampu Belajar Hadiah dari Ayah
Setiap malam hari, pukul 19.00-20.00, Siti dan adiknya selalu belajar. Mereka belajar dengan menggunakan lampu belajar. Lampu belajar itu adalah hadiah dari ayah 6 bulan yang lalu. Ayah memberikan lampu belajar kepada Siti dan adiknya supaya mereka giat belajar.

Siti selalu menjaga lampu belajar miliknya. Ia mematikan ketika sudah selesai digunakan. Ia juga membersihkannya jika kotor. Sampai saat ini lampu belajar Siti masih dapat digunakan dengan baik. Siti terlihat nyaman saat belajar. Berbeda dengan adik Siti yang selalu mengeluh ketika belajar. Lampu belajarnya rusak. Lampu belajarnya rusak karena sering tidak dimatikan. Terlihat juga banyak kotoran yang menempel karena jarang dibersihkan.

Ayah berpesan kepada Siti dan adiknya untuk merawat barang-barang mereka. Barang-barang yang dirawat dengan baik tidak mudah rusak. Hal ini membuat barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

Amatilah benda-benda yang menjadi hakmu!
Apakah kamu telah menggunakannya dengan tanggung jawab?
BendaBagaimana kamu menggunakannyaBagaimana kamu merawatnyaApakah kamu sudah bertanggungjawab?Apa Manfaatnya
SandalMengunakan setiap hariMemberishkan jika kotorYaSandal menjadi awet
SepatuMenggunakan sepatu ke sekolahMencuci jika kotorYaSepatu menjadi awet
Tas SekolahMengisi tas dengan buku-bukuMencuci jika kotorYaTas menjadi bersih dan awet
Buku TulisUntuk menulis pelajaranMemberi sampul plastikYaBuku menjadi aet dan tidak kotoe
Tempat tidurUnuk istirahatMembersihkan setiap hariYaTidu nyaman

 MATEMATIKA

Hari ini Ananda akan belajar matematika tentang menyelesaikan masalah sehari-hari berkaitan dengan operasi hitung campuran pecahan . 

Tonton dan simak terlebih dahulu video beikut ini 


LATIHAN MATEMATIKA:


Bagaimana penjelasan materi pada video di atas, mudah-mudahan bisa dimengerti ya. sekarang untuk mengetahui sejauh mana Ananda memahami materi hari ini, silakan kerjakan soal berikut ini 

1.   Bu Yanti mempunyai persediaan tepung terigu sebanyak 4,25 kg. Tepung tersebut digunakan
untuk membuat dua adonan kue. Satu adonan kue memerlukan 1,4 kg tepung terigu. Bu Yanti
membeli lagi tepung terigu sebanyak 1,5 kg. Berapa persediaan tepung terigu Bu Yanti sekarang?
Jawab :

 

2. Panjang kawat Bu Wati 12 m. Sebanyak 2/3 bagian dari kawat tersebut digunakan untuk membuat tali jemuran. Jika setengah dari sisa kawat digunakan untuk mengikat tanaman, berapa panjang tali yang digunakan untuk mengikat tanaman ?
Jawab : 

 


 

 Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru


Tetap semangat belajar di rumah ya ...always pray to Allah, keep your health, and positive thinking
 
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

See you tomorrow........anak sholih sholihah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...