Selasa, 10 September 2019

Materi Ajar Kelas V Tema 3 Subtema 1 Pb 2

Kata Kunci Pada Iklan

Hari/Tanggal : Rabu/ 11 September 2019

3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
Menemukan Kata Kunci Pada Iklan Media Cetak.





Unsur-unsur iklan yang terdapat pada iklan media cetak :
·         Kata-kata yang digunakan pada iklan harus membentuk kalimat pendek (singkat) dan jelasagar mudah dipahami. Kalimat dalam iklan mengandung kata-kata ajakan atau bujukan untuk memakai produk atau layanan yang diiklankan
·         Gambar yang digunakan harus menarik dan sesuai dengan isi iklan. Tidak mengandung unsur sara, sehingga tepat dalam menyampaikan iklan.
·         Iklan harus memiliki sasaran yang jelas mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Sasaran dapat di tujukan pada anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun orang tua. Bahasa yang digunakan dalam iklan harus sesuai dengan sasaran agar pesan iklan dapat tersampaikan.



Organ Pencernaan Manusia
3.3 menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.

Agar tubuh tetap sehat kita harus memakan makanan sehat.makanan sehat adalah makanan yang terjaga kebersihannya, tidak mengandung bahan pengawet, dan bergizi. Selain itu makanan sehat juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral,dan vitamin.





Berikut ini adalah organ – organ makanan yang terlibat dalam proses pencernaan makanan yaitu

Mulut
Organ pencernaan yang ada di dalam mulut antara lain: gigi, lidah, dan air liur. Gigi ada 3 macam yaitu gigi seri yang digunakan untuk memotong makanan, gigi taring untuk merobek makanan, dan gigi geraham untuk mengunyah makanan.
Lidah berfungsi untuk mengatur letak makanan, mengecap rasa  dan air liur berfungsi untuk membasahi makanan dan melarutkan makanan saat dikunyah.

Kerongkongan (esofagus)
Merupakan organ penghubung dari rongga mulut ke lambung. Di kerongkongan makanan dicerna dengan bantuan gerak peristaltik.  

Lambung
Lambung merupakan organ penting  pencernaan manusia, didalam lambung makanan dicerna dengan bantuan getah lambung yang menghasilkan enzim, dan larutan asam lambung. Enzim akan membantu proses pencernaan makanan . larutan asam lambung berfungsi untuk membunuh kuman yang masuk bersama makanan.
Enzim yang dihasilkan dilambung adalah enzim pepsin, renin, dan HCl (asam lambung)

Usus halus
Usus halus merupakan tempat penyerapan sari-sari makanan. Usus halus dibagi menjadi tiga bagian yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap.

Usus besar
Usus besar berfungsi untuk menyerap air , vitamin dan mineral yang terdapat dalam sisa sia makanan. Usus besar terbagi menjadi tiga bagian yaitu  usus besar naik, usus besar melintang, dan usus besar turun. Permulaan usus besar adalah usus buntu yang disebut umbai cacing. Pada bagian akhir usus besar terdapat rektum yang akan bermuara pada anus.

6.       Anus
Anus terletak di bawah rektum jika rektum sudah penuh akan muncul  rasa ingin buang air besar.anus menjadi saluran pembuangan tinja (feses).





1 komentar:

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...