Kamis, 19 Agustus 2021

MATERI AJAR KELAS 6 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 (Kamis, 19 Agustus 2021)

MATERI AJAR

Hari / tanggal                         Kamis, 19 Agustus 2021
Kelas                                        : VI         
Tema 2                                    : Persatuan Dalam Perbedaan
Subtema 2                              : Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Pembelajaran                         : 2
Muatan materi                       : PPKn (3.4),  SBdP (3.3), MTK (3.2)

Tujuan Pembelajaran:
1.
Peserta didik mampu mengubah pecahan ke berbagai bentuk   pecahan lainnya 

2. Dapat menerapkan pengamalan sila ketiga Pancasila 
3. Dapat mempraktekkan gerakan tari Indang

4. Peserta didik mampu mengubah pecahan ke berbagai bentuk   pecahan lainnya 

 
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiyah
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
 

 

 

Anak-anak semua, sudah  murojaah, dan sholat duha? Setelah sholat duha,menyimak tausiyah, dan murojaah, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalabantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

 

Ayo anak-anak sholih dan sholihah kita mulai pembelajaran hari ini..

 

TEMATIK

 Ayo kita simak video pembelajaran berikut ini :


 
Manfaat Bekerjasama

Kerjasama berarti suatu usaha mencapai tujuan yang dilakukan secara bersama-sama. Melakukan sesuatu secara bekerjasama membawa banyak manfaat antara lain:
       1. Pekerjaan menjadi lebih cepat selesai
       2. Pekerjaan terasa lebih ringan
       3. Memperkuat semangat persatuan

Contoh Kerjasama yang dapat dilakukan dengan teman
      1. Membersihkan ruang kelas
      2. mengerjakan tugas kelompok
      3. Mengadakan peringatan ulang tahun sekolah
      4. Melakukan permainan tradisional secara bersama-sama
      5. Mengumpulkan dana untuk korban bencana

Pola lantai pada tarian daerah
Gerakan dalam tarian daerah harus diperagkan secara selaras. Penari biasanya berpindah-pindah tempat mengikuti sebuah formasi yang disebut pola lantai.
Macam-macam pola lantai antara lain, vertikal, horizontal, diagonal dan melingkar.
Sekarang kita akan mengidentifikasi pola lantai tari suatu daerah yaitu Tari indang yang merupakan kebudayaan asli masyarakat suku minangkabau di Sumatra Barat. Tari indang disebut juga tari badinding.

Memperagakan Gerakan dan Pola Lantai Tari Indang
Amati gambar dan baca penjelasannya!
Pola lantai dalam tari Indang:
  1. Tangan kiri menumpu tangan kanan (membentuk sudut siku-siku) sembari menggerakkan ujung-ujung jari agar berbunyi (tuk). Dilakukan bergantian selama tiga kali. Kemudian, tangan kanan diayunkan ke arah kiri sehingga posisi tangan kanan menumpu tangan kiri.
  2. Tangan kanan ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kiri ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama tiga kali. Selanjutnya, tangan kanan dan kiri ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kiri menumpu tangan kanan).
  3. Tangan kiri ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kanan ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama 3x. Selanjutnya, tangan kiri dan kanan ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kanan menumpu tangan kiri).
  4. Ulangi gerakan nomor 2.
  5. Ulangi gerakan nomor 3
  6. Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan
  7. Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.
  8. Ulangi gerakan nomor 6.
  9. Ulangi gerakan nomor 7.
  10. Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan
  11. Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.
Tari Indang

Tari indang biasanya ditampilkan secara berkelompok, sehingga diperlukan panggung yang luas. Panggung di sekolahku memiliki panjang 4,5 meter, lebar 3,5 meter, dan luas 15,75 m2. Panggung tersebut cukup menampung kelompok tari di kelasku.

 

MATEMATIKA

 

Mengubah Pecahan 

1. Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran

  Ubahlah pecahan 35/4 menjadi pecahan campuran 

Caranya :

35 : 4 = 8 sisa 3

Jadi bentuk pecahan biasa dari 35/4 adalah
35/4 = 8  3/4

2. Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa

 ubahlah pecahan campuran 2 5/9 ke bentuk pecahan biasa.

Jawab:
Untuk mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut.
Caranya :
2 5/9 = 2 × 9 + 5/9
 18 + 5/9
 23/9

3. Mengubah pecahan biasa ke desimal

 Contoh:
Pecahan Biasa

 

 4. Mengubah Pecahan desimal ke Pecahan biasa

 Langkah-langkah penyelesainnya:

Biasa Ke Desimal 

 

5. Pecahan Biasa ke Bentuk Persen
Persen (%) artinya perseratus. 3% dibaca tiga persen. 10% dibaca sepuluh persen. 3% sama artinya dengan 3/100 . 10% sama artinya dengan 10/100. 

Contoh :

Mengubah penyebut pecahan menjadi 100.

Misal:
a.
1
=
… %
4
b.
8
=
… %
10
Penyelesaian:
a.
1
=
× 25
=
25
=
25%
4
× 25
100
b.
8
=
× 10
=
80
=
80%
10
10 × 10
100
 
atau dengan cara  berikut:

Pecahan Persen
 

6. Mengubah Pecahan Persen Menjadi Pecahan Biasa
Sebaliknya untuk mengubah pecahan persen menjadi pecahan biasa dilakukan dengan mengubah persen menjadi perseratus yang selanjutnya disederhanakan. Contoh :

25% = 25/100 = (bagi dengan FPB 25 dan 100 yaitu 25) = 1/4

 

Untuk lebih jelasnya langsung saja anak-anak tonton dan simak video berikut ya .....


Bagaimana penjelasan materi dalam pembelajaran video di atas, semoga anak-anak bu guru dapat memahaminya dengan baik ya....

Setelah anak-anak menyimak video membelajaran dan memahami materi di atas, ayo kerjakan tugas tematik berikut ini:
 
1. Latihan Matematika KLIK DISINI
2. Latihan tematik (SBDP) : Silakan ananda mencoba gerakan dasar tari Indang di rumah masing-masing gerkan dar nya bisa anak anak lihat di video berikut ini :

 
Untuk praktik menari tari Indang insya Alloh di pembelajaran 5 (hari Senin pekan pekan depan), hari ini anak-anak mencoba gerakan dasar tari indang saja.  laporan hari ini hanya berbentuk foto saat anak-anak mempraktikkan pola dasar tari indang.

 
Laporkan hasil kerjamu, dan foto kegiatan daring hari ini dalam bentuk kolase melalui WA ke ibu guru ya. Jika ada yg belum dipahami bisa ditanyakan ke ibu guru ya..

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang kalian peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan.
 
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...