Senin, 26 Oktober 2020

MATERI AJAR KELAS 6 TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 DAN MATEMATIKA

Hari/Tanggal               : Senin, 26 Oktober 2020

Tema 4                        : Globalisasi

Sub Tema 1                 : Globalisasi disekitarku

Pembelajaran               : 3

Muatan PB                  : IPA, Bahasa Indonesia, Matematika

Tujuan Pembelajaran :

§  Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.

§  Setelah membaca, siswa mampu menyajikan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk visual dengan sistematis.

§  Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik dengan tepat.

§  Setelah pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang cara menyalurkan energi listrik dari model rangkaian listrik dengan sistematis.

 Siswa mampu menemukan luaas dan keliling lingkaran

Assalamualaikum wr. wb

Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT.  Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan  kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.   

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalabantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Sekarang waktunya belajar tematik. hari ini kita masuk tema 4 Globalisasi subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 2, pastinya  anak-anak bu guru sudah siap mengikutinya.


 

Ayo simak video berikut ini :


 
Ayo Membaca
Proses Menhasilkan Energi Listrik Mikrohidro
Pembangkitan listrik mikrohidro adalah pembangkitan listrik dihasilkan oleh generator listrik DC atau AC. Mikrohidro berasal dari kata micro yang berarti kecil dan hydro artinya air, arti keseluruhan adalah pembangkitan listrik daya kecil yang digerakkan oleh tenaga air. Tenaga air berasal dari aliran sungai kecil atau danau yang dibendung dan kemudian dari ketinggian tertentu dan memiliki debit yang sesuai akan menggerakkan turbin yang dihubungkan dengan generator listrik.

Pembangkit tenaga listrik mikrohidro pada prinsipnya memanfaatkan beda ketinggian dan jumlah debit air per detik yang ada pada aliran air irigasi, sungai atau air terjun. Aliran air ini akan memutar poros turbin sehingga menghasilkan energi mekanik. Energi ini selanjutnya menggerakkan generator dan menghasilkan energi listrik. Berikut gambar proses menhasilkan energi listrik mikrohidro
Mikrohidro
Keterangan gambar:
  1. Aliran sungai, tempat air mengalir.
  2. Saluran pengambilan air adalah saluran yang digunakan untuk mengalirkan air dari sungai menuju kincir air. Kemiringan saluran air ini sekitar 25 derajat.
  3. Kincir air, mengubah energi potensial air menjadi energi gerak. Kincir menerima energi potensial air dan mengubahnya menjadi putaran (energi mekanis). Putaran kincir air dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik.
  4. Penghubung turbin dengan generator/dinamo, penghubung turbin dengan generator atau sistem transmisi energi ekanik ini dapat digunakan sabuk atau puli, roda gerigi atau dihubungkan langsung pada porosnya.
  5. Generator/dinamo, menghasilkan energi listrik dari energi gerak. Generator yang digunakan adalah generator pembangkit listrik AC. Untuk mengubah tegangan menggunakan transformer.
  6. Saluran Transmisi, penyalur energi listrik ke konsumen.
Menyalurkan Energi Listrik
Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaat sumber energi yang tersedia di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU), aliran angin (PLTA), dsb.

Setelah energi listrik dihasilkan di pusat pembangkit, energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru kemudian disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara vTegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusatpusat pembangkit. Setelah melalui SUTET yang melintasi wilayah pegunungan atau hutan-hutan, energi listrik kemudian masuk ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.
 
Informasi penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut adalah :
Teks Eksplanasi

Siapakah penemu sistem transmisi tersebut? Baca informasi singkat berikut untuk menambah wawasan ilmu pengetahuanmu.

Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan fisika. Ia pernah bekerja sama dengan Thomas Alva Edison dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.

MATEMATIKA
 
Baiklah anak sholih sholihah, langsung saja Ananda tonton dan simak video pembelajaran  matematika berikut ya.

 


SOAL CERITA LINGKARAN

Pak Edi akan membangun sebuah taman yang berbentuk lingkaran. Taman tersebut mempunyai diameter 56 m. Di sekeliling taman akan ditanami pohon dengan jarak 2 m. Harga setiap pohon adalah Rp. 50.000,00. Berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh Pak Edi?

Langkah 1 : Baca soal dengan perlahan.

Langkah 2 : Tandai kata-kata kunci.

Pak Edi akan membangun sebuah taman yang berbentuk lingkaran. Taman tersebut mempunyai diameter 56 m. Di sekeliling taman akan ditanami pohon dengan jarak 2 m. Harga setiap pohon adalah Rp. 50.000,00. Berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh Pak Edi?

Langkah 3 : Tulis hal yang ditanya dan diketahui.

Berdasarkan soal di atas, dapat dituliskan seperti berikut.

Diketahui:

  • Taman berbentuk lingkaran
  • Diameter = 56 m (π=22/7)
  • Jarak tanam = 2 m
  • Harga setiap pohon = Rp. 50.000,00

Ditanya:

  • Berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Langkah 4 : Membuat strategi pemecahan.

Keliling = π x d = 22/7 x 56 = 176 m.

Banyak pohon = keliling : jarak tanam = 176 : 2 = 88 pohon.

Biaya yang harus dikeluarkan = banyak pohon x harga 1 pohon = 88 x 50.000 = 4.400.000

 

LATIHAN MTK

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian, silakan kerjakan soal latihan berikut inin 

https://forms.gle/G4ewwsAtxVEobVmG8

 

Anak sholih sholihah, bagaimana dengan penjelasan materi dalam video pembelajaran di atas,Bu Guru berharap anak-anak sudah bisa memahaminya dengan baik ya.

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat 

dan dapat menambah wawasan baru.

 
Tetap semangat belajar di rumah ya ......
 
Kerjakan sholat lima waktu ON TIME
 
Biasakan murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh

 Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa

 
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah


See you tomorrow ........and happy day .......





 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...