Rabu, 07 Oktober 2020

MATERI AJAR KELAS 6 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJRAN 2

 

Materi Ajar

Hari/Tanggal      : Selasa, 6 Oktober 2020
Tema 3               : Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 3        : Ayo Menjadi Penemu
Pembelajaran     : 2

Tujuan pembelajaran hari ini :  Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar, siswa mampu memainkan lagu Mariam Tomong sesuai dengan interval nada dengan tepat.

Ayo simak pembelajaran berikut ini:

 
“Kamu pasti suka mendengar radio,bukan? Ayo, kita cari tahu bagaimana radio ditemukan dengan membaca kisah di bawah ini!” 

Ayo Membaca! 
Bacalah teks berikut! 

Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio 
Lahir di Bologna, Italia, pada 25 April 1874. Sejak kecil ia menunjukkan minat pada bidang fisika dan elektro. Pada tahun 1895, ia memulai penelitiannya sampai menemukan telegraf tanpa kabel. Ini merupakan cikal bakal radio. Pada tahun 1897, Marconi mempresentasikan hasil temuannya. Alat komunikasi dengan menggunakan sinyal tanpa kabel yang mampu menjangkau jarak 19,3 km. Itulah radio yang hingga saat ini dirasakan manfaatnya oleh kita. 

Tahun 1901, Marconi berhasil membuktikan bahwa gelombang tanpa kabel temuannya tidak akan terganggu oleh lekukan bumi. Ia menyebarkan sinyal radio pertama sejauh 3.380 km sampai menyeberangi Samudra Atlantik. Penelitian Marconi terus berkembang. Selain pemancar radio, ia menemukan perangkat komunikasi lain yang menggunakan gelombang tanpa kabel, yaitu  telegram, radio, dan teknologi radar. 

Atas  jasa  yang  sangat  bermanfaat  bagi  perkembangan  ilmu  pengetahuan,   Marconi menerima banyak penghargaan. Penghargaannya antara lain nobel   di bidang fisika dan gelar kehormatan dari Kaisar Rusia.  
Marconi
hak dan kewajiban  yang kita miliki terdapat hak orang lain yang wajib dihargai. Sehingga hak dan kewajiban yang kita lakukan tidak hanya berdampak bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain. Maka keduanya harus dilaksanakan secara seimbang.
Jika kita tidak melaksanakan hak dan kewajiban maka akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

Tugas Tematik

Mengerjakan soal Cerdas Tema3 Subtema 1 hal. 58 - 59. Seperti biasa ya, soal bisa dilihat dan dibaca

https://forms.gle/1DF8Nk9YpYSYbAWw9 


 

 Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru



Tetap semangat belajar di rumah.......ya
 
Kerjakan sholat lima waktu 
 
murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh
 
 
 Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa

Insya Allah kelak kita bersama di syurga
 
 
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

See you tomorrow........anak sholih sholihah


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...