TEMA 9 BENDA-BENDA DISEKITAR KITA
Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran
PB 5
B. Indonesia
MENENTUKAN UNSUR-UNSUR IKLAN PADA MEDIA CETAK
Kalimat pada iklan menggunakan bahasayang singkat dan jelas. Bahasa yang digunakan pada kalimat iklan bisa berupa slogan. Kalimat iklan bersifat persuasif atau mengajak masyarakat.
Gambar pada iklan dibuat sesuai dengan isi iklan. Oleh sebab itu, gambar iklan dibuat semenarik mungkin.
Kata kunci dibuat untuk memudahkan masyarakat memahami maksud iklan.
Selain unsur-unsur iklan tersebut, sebuah iklan juga harus memperhatikan unsur iklan efektif. Sebuah iklan harus dibuat efektif agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat.selain unsur-unsur diatas terdapat Unsur-Unsur Iklan Efektif
Judul Iklan merupakan unsur yang terpenting dari sebuah iklan. Judul iklan harus menarik perhatian pembaca. Headline dibuat dengan kalimat pendek yang mudah diingat.
Subjudul merupakan garis besar iklan. Subjudul dibuat agar pembaca tetap dapat mengikuti dan membaca iklan sampai selesai.
lsi iklan ditulis dengan jenis huruf yang lebih kecil dari judul dan subjudul.
Visual(gambar) lklan efektif sebaiknya menggunakan foto atau gambar daripada rangkaian kata.
Unsur-unsur pada iklan cetak yang berbentuk selebaran. Selebaran adalah salah satu contoh iklan cetak yang dibuat dalam bentuk lembarankecil untuk memudahkan penyebaran kepada masyarakat umum dengan tujuan promosi. Selebaran berisi suatu kegiatan atau penawaran produk kepada masyarakat. Yuk, kita amati dengan saksama contoh iklan pada selebaran berikut.
lklan tersebut berisi informasijual beli perhiasandan logam mulia. lklan tersebut memuat semua unsur-unsur iklan efektif.
Ciri-ciri Iklan Cetak
1. Disampaikan secara objektif.
2. Deskripsi disajikan secara singkat, jelas, dan mudah dipahami.
3. lsi iklan tidak menyinggung pihak lain.
4. lsi iklan dapat menarik perhatian masyarakat
IPA
Mengidentifikasi Sifat Campuran
Perhatikan video ini dan Video ini
Sekarang, kita akan berlatih mengidentifikasi sifat zat campuran. Ikuti langkah kerjanya dengan baik dan hati-hati.
Langkah kerja:
1. Sediakan gelas plastik, sendok, air, gula, minyak, pasir, dan pewarna merah.
2. Buatlah campuran sesuai tabel berikut, lalu catat hasil pengamatanmu.
Berilah tanda centang pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatanmu.
Catatan : Gunkan bahan yang tersedia di rumah, bila tidak tersedia bisa diganti dengan bahan lain, contoh : pasir bisa diganti dengan tanah/kopi bubuk asli, pewarna makanan bila tidak tersedia bisa diganti dengan sirup/kecap
Lakukan percobaan diatas kemudian laporkan hasil percobaan dalam bentuk VIDEO
Matematika
Membaca data dalam bentuk diagram lingkaran
Diagram lingkaran merupakan diagram yang menyajikan data dalam bentuk
sebuah lingkaran yang dibagi menjadi beberapa bagian (juring). Setiap juring
dibuat berdasarkan besar persentase atau besar sudut setiap data. Perhatikan
diagram lingkaran dan cara membaca nya berikut ini .
Dari diagram diatas kita dapat mengetahui bahwa:
-
Sebanyak 20 % dari jumlah siswa menyukai apel
-
Sebanyak 35 % dari jumlah siswa menyukai jeruk
-
Sebanyak 20% dari jumlah siswa menyukai pisang
-
Sebanyak 25 % dari jumlah siswa menyukai mangga
Pada diagram di atas Jumlah siswa kelas V sebanyak 40 Orang. Berikut
ini cara menghitung banyaknya siswa untuk setiap data
Banyak siswa yang menyukai apel
= 20 % x 40 = 20 x 40 =
8 siswa
100
Banyak siswa menyukai jeruk
= 35 % x 40 = 35 x 40 = 14
siswa
100
Banyaknya siswa yang menyukai pisang
= 20 % x 40 =20 x 40 = 8
siswa
100
Banyaknya siswa yang menyukai mangga
= 25 % x 40 = 25 x 40 =
10 siswa
100
Setelah mempelajari contoh soal diatas kerjakan Latihan matematika klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar