MATERI AJAR KELAS 6 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 dan 4 (Jum'at, 3 September 2021)
Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal :Jum'at, 3 September 2021
Kelas /Semester : 6 / 1 (Satu )
Tema 3: Tokoh dan Penemuan
Subtema 1 : Penemu yang Mengubah Dunia
Mapel : IPA (3.4), B. Indonesia (3.2) dan PPKn ( 3,2)
Pembelajaran ke- : 3 dan 4
Tujuan pembelajaran : Siswa
mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca
tentang penemu yang mengubah dunia dengan sistematis, dan mampu mengidentifikasi contoh manfaat hak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak sholih sholihah dan keluarganya selalu dalam
keadaan sehat wal’afiyah dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan duha.
Setelah duha, marikitabersiap memulai pembelajaranhariini.Mintalah bantuankepada bunda/ mama untukmendampingiAnandaselamamelakukankegiatanpembelajaranya!
Hari
ini anak sholih sholihah melanjutkan pembelajaran tematik
hari ini yaitu Tema 3 Tokoh dan penemuan, Subtema 1 Penemu yang
Mengubah Dunia, Pembelajaran 3 dan 4.
Baiklah
anak-anak sholihah. masih ingatkah Ananda tentang pembelajaran
sebelumnya. Bu Guru ingatkan kembali materi pembelajaran bahasa
indoensia tentang teks eksplanasi
Teks Eksplanasi Ilmiah
Teks
eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses
yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya
pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.
Teks
eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang
proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab akibat.
Teks eksplanasi terdiri atas:
1. pernyataan umum (pembukaan)
2. deretan penjelas (isi)
3. penutup (kesimpulan).
Bagian
pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan
dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian
atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan
dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan
yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang
dijelaskan.
Baiklah Anak sholih sholihah langsung saja Ananda tonton dan simak video pembelajaran 4 berikut ini
Ayo Membaca
Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar
Pernahkah
terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam,
tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang
gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut
mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola
lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.
Thomas
Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia
tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat
bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah.
Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison
memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison
sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia
memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan
berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran
terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.
Ia
melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun
serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja
kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama
yang dapat menyala selama 40 jam. Kegigihan Thomas Alva Edison
memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap
pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.
Berikut adalah informasi yang dapat Ananda peroleh pada teks eksplanasi di atas
Ayo Berdiskusi
Dengan
ditemukannya lampu pijar, saat ini kita dapat melakukan berbagai hal di
malam hari. Seperti yang dilakukan oleh Siti dan adiknya berikut.
Lampu Belajar Hadiah dari Ayah
Setiap
malam hari, pukul 19.00-20.00, Siti dan adiknya selalu belajar. Mereka
belajar dengan menggunakan lampu belajar. Lampu belajar itu adalah
hadiah dari ayah 6 bulan yang lalu. Ayah memberikan lampu belajar kepada
Siti dan adiknya supaya mereka giat belajar.
Siti
selalu menjaga lampu belajar miliknya. Ia mematikan ketika sudah
selesai digunakan. Ia juga membersihkannya jika kotor. Sampai saat ini
lampu belajar Siti masih dapat digunakan dengan baik. Siti terlihat
nyaman saat belajar. Berbeda dengan adik Siti yang selalu mengeluh
ketika belajar. Lampu belajarnya rusak. Lampu belajarnya rusak karena
sering tidak dimatikan. Terlihat juga banyak kotoran yang menempel
karena jarang dibersihkan.
Ayah
berpesan kepada Siti dan adiknya untuk merawat barang-barang mereka.
Barang-barang yang dirawat dengan baik tidak mudah rusak. Hal ini
membuat barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.
Amatilah benda-benda yang menjadi hakmu!
Apakah kamu telah menggunakannya dengan tanggung jawab?
Benda
Bagaimana kamu menggunakannya
Bagaimana kamu merawatnya
Apakah kamu sudah bertanggungjawab?
Apa Manfaatnya
Sandal
Mengunakan setiap hari
Memberishkan jika kotor
Ya
Sandal menjadi awet
Sepatu
Menggunakan sepatu ke sekolah
Mencuci jika kotor
Ya
Sepatu menjadi awet
Tas Sekolah
Mengisi tas dengan buku-buku
Mencuci jika kotor
Ya
Tas menjadi bersih dan awet
Buku Tulis
Untuk menulis pelajaran
Memberi sampul plastik
Ya
Buku menjadi aet dan tidak kotoe
Tempat tidur
Unuk istirahat
Membersihkan setiap hari
Ya
Tidu nyaman
Untuk tugas hari ini kerjakan soal tematik berikut ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar