Rabu, 18 September 2019

Materi Ajar kelas V Tema 3 Subtema 1 pb 6

Hari/Tanggal : Kamis/ 19 September 2019


Iklan dan Alat musik ritmis


3.4 menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

iklan dibuat untuk menginformasikan atau mempromosikan suatu hal kepada masyarakat, iklan dapat dibuat dalam bentuk poster.
Poster adalah pengumuman atau iklan berbentuk gambar atau tulisan yang ditempelkan di tembok atau papan pengumuman di tempat umum yang strategis, tujuannya agar mudah diketahui orang.
Poster umumnya berisi ajakan atau imbauan untuk melakukan sesuatu yang biasanya disertai gambar berwarna dan mudah di ingat. Agar informasi dapat tersampaikan, pesan yang dimuat dalam poster harus jelas secara eksplisit melalui kalimat iklan, slogan, dan gambar.

Iklan nonkomersial seperti iklan layanan masyarakat mengandung informasi yang berguna bagi masyarakat. Misalnya iklan tentang keanekaragaman dan perbedaan di Indonesia.

3.2 memahami tangga nada
Alat musik ada bermacam-macam, salah satunya alat musik melodis. Alat musik melodis adalah alat musik yang dapat mengeluarkan nada dan memiliki irama yang dapat mengiringi lantunan lagu. Cara memainkannya berbeda-beda, ada yang cara memainkanya dengan cara ditiup, dipetik, ditekan, maupun dengan cara digesek. Contoh alat musik melodis adalah pianika, gitar, biola, soprano.
Contoh alat musik daerah yang menghasilkan alunan nada melodis adalah angkung (jawa barat), sasando ( Nusa Tenggara Timur), seruling (jawabarat), bonang ( jawa).

Selain alat musik melodis ada juga alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada. Alat musik ritmis memiliki fungsi untuk mengatur jalannya irama musik sehingga lagu menjadi enak didengar. Contoh alat musik ritmis adalh gendang, drum, dan tamborin. Beberapa benda disekitar seperti panci, bool, gelas,galon, dan sebagainnya juga dapat digunakan sebagai alat musik ritmis.
Contoh alat musik ritmis adalah simbal, drum, rebana, tamborin, triangle, marakas.
Contoh alat musik daerah yang termasuk alat musik ritmis adalah kendang, triton. (papua)

2 komentar:

PENGAYAAN MATEMATIKA BANGUN RUANG (Rabu, 15 Desember 2021)

 PENGAYAAN MATEMATIKA        Hari/Tangga l                     :  Rabu, 15 Desember  2021     Mata Pelajaran                 :   MATEMATIKA...