Materi Ajar Kelas 6
Hari : Selasa, 27 Juli 2021
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 2 : Hewan Sahabatku
Pembelajaran : 2
Pembelajaran : 2
Muatan materi : PKN (3.1), SBDP (3.4)
Tujuan :
§ Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
§ Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
§ Setelah mengamati berbagai contoh patung nusantara, siswa mampu merencanakan desain patung dan maknanya secara rinci.
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiyah
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Hewan dipelihara oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Salah
satu hewan yang banyak dipelihara warga masyarakat adalah ayam. Ayam
banyak dipelihara sebagai hewan ternak karena mudah perawatannya. Ayam
adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk diambil telurnya.
Memelihara ayam diharapkan dapat memberikan penghasilan dan memenuhi
kebutuhan pemiliknya seperti kebutuhan telur dan daging.
Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.
1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Kamu akan belajar penerapan sila keempat Pancasila. Bacalah teks berikut dalam hati.
Santi
sangat sedih. Ayahnya baru saja bercerita bahwa penduduk setempat
mengeluhkan keberadaan peternakan ayamnya. Mereka tidak tahan dengan bau
yang berasal dari peternakan ayamnya. Santi bingung.
Peternakan
ayam Santi adalah peternakan keluarga. Usaha dari peternakan dapat
menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Santi memiliki peternakan
ayam petelur. Secara teratur ia mengirimkan telur ayamnya ke pasar untuk
disimpan di salah satu toko di sana.
Santi
tidak mau peternakan ayamnya digusur. Ia akan berusaha agar penduduk mau
menerima keberadaan peternakannya. Apapun yang terjadi, Santi akan
membela keluarganya agar peternakannya tetap beroperasi.
Sikap Santi dan keluarganya cukup beralasan karena peternakan itu dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Namun, tergangunya warga sekitar dengan bau dari peternakan juga harus diperhatikan. Seharusnya santi dan keluarganya lebih mengutamakan kepantingan orang banyak daripada kepentingan pribadi.
Sikap penduduk tentunya wajar. Kotoran ayam dari kandang ayam keluarga Santi menyebabkan pencemaran udara berupa bau yang mengganggu kenyamanan warga.
Sebaiknya Santi dan orang tuanya memindahkan kandang ayamnya jauh dari pemukiman warga. Lokasi tempat pemeliharaan yang jauh dari pemukiman warga tentunya tidak akan mengganggu kenyamanan warga.
Sebaiknya penduduk memusyawarahkan mengenai dampak dari peternakan milik keluarga Santi agar Santi dan keluarganya tidak kehilangan mata pencaharian dan masyarakat pun tidak terganggu dengan bau yang ditimbulkan dari peternakan tersebut.
Penerapan
sila keempat dari sila Pancasila sangat penting dilakukan. Dalam
kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menyaksikan beberapa permasalahan
dan akan teratasi saat sila ke empat dijalankan. Berikut adalah contoh
pelaksanaan sila keempat.
1. Tidak memaksakan keinginan
2. Bermusyawarah
3. Mengutamakan kepentingan orang banyak
4. Menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama
Tiga contoh perilaku atau sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila keempat yaitu
- Melakukan musyawarah. Misalnya saja saat akan memilih Ketua Kelas,
- Mematuhi dan menjalankan hasil musyawarah dengan itikad baik, misalnya saja melaksanakan tugas piket sesuai jadwal yang telah disepakati sebelumnya.
- Tidak memaksakan pendapat sendiri pada orang lain. Misalnya saja saat melakukan diskusi kelompok harus mendengarkan pendapat yang disampaikan oleh anggota kelompok yang lain.
Sebagai sahabat manusia, hewan banyak memberikan
inspirasi dalam karya seni, salah satunya adalah seni patung. Berikut
adalah beberapa contoh patung yang idenya terinspirasi dari hewan.
Diskusikan
patung yang telah kamu buat. Tentukan apakah kamu akan melanjutkan
patungmu atau kamu akan membuat model yang berbeda. Mintalah pendapat
teman dan gurumu.
Untuk lebih jelasnya, silakan anak-anak menonton dan menyimak
video pembelajaran subtema 2 PB 2
berikut ini :
Bagaimana menurut Ananda setelah menonton video tadi, apakah mudah dimengerti atau masih kesulitan? Kalau kalian masih kesulitan, bisa bertanya kepada ayah/bunda atau kakak dirumah, atau boleh juga ke ibu guru ya.
Tugas hari ini :
TUGAS TEMATIK KLIK DISINI
Laporkan hasil kerjamu dan foto kegiatan daring hari ini dalam bentuk kolase melalui WA ke ibu guru ya.
Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang kalian peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar